Wisata Halal Kampung Al Munawar Perlu Pengembangan


Amperanewscom
15 Jan 2019, 19:48:04 WIB
Wisata Halal Kampung Al Munawar Perlu Pengembangan

Keterangan Gambar : Kampung Adat Terpopuler


Amperanews.Com, Palembang-- Kota Palembang saat ini memiliki dua destinasi wisata halal, yaitu Al Qur'an Al Akbar dan Kampung Al Munawar. Keduanya memiliki daya tarik masing-masing.

Al Quran Al - Akbar sebagai wisata halal terpopuler dan Kampung Al Munawar sebagai kampung adat terpopuler. kampung ini disebut Kampung Arab yang berada di Jalan KH Azhari, Kelurahan 13 Ulu, Kecamatan Seberang Ulu I, Palembang. Kampung ini bisa dikunjungi dari jam 08.00 sampai jam 17.00. 

Kampung Al Munawar menjadi kawasan bermukim warga Palembang keturunan Arab. Mereka melakukan aktifitas di pinggiran Sungai Musi di sebelah Ulu dan Ilir. Setiap pengunjung yang ingin masuk ke Kampung Al Munawar ini harus menggunakan busana yang sopan.

"Harapan saya selaku penikmat wisata di wilayah kota Palembang salah satunya yaitu kampung Al-Munawar, seharusnya tempat tersebut mendapatkan perhatian yang lebih dari pemerintah, dari segi tata letak rumah-rumah sehingga terlihat rapi, terapkan karakter anak muda untuk dijadikan icon di kampung Al-Munawar sehingga eksistensi nya tidak hanya di ketahui oleh warga Palembang saja melainkan hingga ke luar Kota bahkan sampai ke manca negara," ujar Monica (21) saat diwawancarai Tim AmperaNews Senin (14/1/19).

Kurniawan (25) Narasumber lain yang merupakan salah satu pengunjung Kampung Adat Terpopuler juga berharap tempat ini bisa di kembangkan lagi, misalnya dengan dibentuknya taman air dan wisata air, ditambah dengan tempat foto yg menarik, atau dengan jualan makanan khas Arab sehingga akan lebih menarik wisatawan yang ingin berkunjung.

"Sejarah-sejarah dari Kampung Arab ini baik nya dijadikan di satu tempat seperti sebuah ruangan supaya orang tau dan bisa membaca tempat sejarah ini. Di sana juga ada rumah sejarah yang tidak boleh dimasuki wisatawan dengan alasan dikhawatirkan ada wisatawan yang merusak barang, nah hal ini yang harus dipertimbangkan agar wisatawan bisa masuk dan mengetahui sejarah rumah tersebut. Dalam hal bahasa kan itu Al Munawar dikenal dengan sebutan Kampung Arab, tapi tidak menonjolkan unsur kearabannya. Maka harus dihidupkan kembali lingkungan Arab dengan suasana bahasa Arab," ujar Ros (34) salah satu pengunjung Kampung Al Munawar.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Iklan Business

STATISTIK PENGUNJUNG

  • User Online 5

  • Today Visitor 380

  • Hits hari ini 748

  • Total pengunjung 125185

  • IP Anda 3.231.228.109