Transparansi dan Akuntabilitas Tolak Ukur Pengelolaan Keuangan


crew
11 Apr 2019, 22:28:33 WIB
Transparansi dan Akuntabilitas Tolak Ukur Pengelolaan Keuangan

Palembang, Amperanews-  Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPRRI) bekerja sama dengan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) kembali menyelenggarakan sosialisasi  bertemakan peran BPK dalam mendorong transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan negara. 

Acara yang berlangsung di salah satu hotel Kota Palembang, Kamis, (11/4) dihadiri langsung oleh Wakil Ketua Komisi XI DPR RI, Hafisz Tohir, Anggota Anggota V BPK RI, Isma Yatun, Penjabat Wali Kota Palembang Akhmad Najib, Ketua DPR Kota Palembang Darmawan, para anggota DPRD Provinsi Sumsel dan DPRD Kota Palembang, serta seluruh Organisasi Perangkat Daerah Kota Palembang.

"Harus terbangun sinergi yang baik antara legislatif dan eksekutif, agar anggaran yang ada tepat sasaran,” ujar Hafisz Tohir, wakil Ketua Komisi XI DPR RI. 

Berdasarkan realita di lapangan, ungkapan Hafisz Tohir ini ternyata berkesinambungan dengan realita yang ada. Peningkatan-peningkatan dari sisi pengelolaan keuangan negara semakin baik. 

Terbukti dengan pujian untuk Pemerintah Kota Palembang dalam pengelolaan keuangan daerah, di mana 62% akses yang telah dilaksanakan Pemerintah Kota Palembang, sudah sesuai dengan audit BPK RI tahun 2018.

“Ini jauh lebih baik daripada tahun - tahun sebelumnya. Saya yakin Kota Palembang mampu memenuhi praktik - praktik APBD yang transparan dan akuntabel. Apalagi kita telah sukses menyelenggarakan Asian Games 2018,” lanjut Hafisz.

Menurutnya, dinamika atau gejolak ekonomi wilayah Sumsel dan Palembang telah melebihi wilayah-wilayah Indonesia, karena bantuan yang telah diberikan sebesar Rp 68,2 triliun dari APBN.

“Gejolaknya melebihi standar nasional sekitar 6 persen. Saya yakin jajaran Pemkot Palembang dapat meningkatkan komitmen dan kerja keras, agar dapat menjadi panutan bagi wilayah-wilayah lainnya,” lanjut Hafisz.

Isma Yatun selaku anggota V BPK RI mengajak Pemerintah Kota dan DPRD Kota Palembang, untuk mengedepankan transparansi, dan akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan negara.

"Kami harapkan semua OPD yang mengikuti acara ini untuk benar-benar mencermati agar pengelolaan keuangan kita semakin baik,” ujar Najib, salah satu pejabat  Walikota Palembang  

Ia menerangkan, dalam pengeloalan keuangan daerah, Pemerintah Kota Palembang telah meraih prestasi dengan mendapatkan predikat Wajar Tanpa Pengecualian dari BPK RI.

“Prestasi ini bukti Pemkot Palembang sangat baik dalam pengelolaan keuangan. Prestasi ini harus terus dipertahankan,” imbuh Najib.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook