Tips Manajemen Waktu Agar Aktivitasmu Aman Terkendali


Amperanewscom
13 Jan 2019, 12:50:30 WIB
Tips Manajemen Waktu Agar Aktivitasmu Aman Terkendali

AmperaNews.com-- Sebagian orang mengatakan target hidupnya tak tercapai karena kekurangan waktu. Padahal, Tuhan telah memberi kita waktu dalam jumlah yang sama dengan CEO super padat agenda atau pengusaha besar super sibuk di luar sana. Jika mereka bisa menyelesaikan seluruh pekerjaan rumit dalam waktu singkat, mengapa kita tidak?

Sadar atau tidak, sebenarnya kita tidak pernah berada dalam kondisi benar-benar tidak punya waktu. Seringkalinya, kita menunda pekerjaan-pekerjaan penting untuk sesuatu yang tidak bermanfaat sehingga waktu kita terbuang sia-sia. Akhirnya, banyak target yang tidak tercapai dengan menyalahkan waktu yang kurang.

Nah, berikut ini adalah 5 tips dari AmperaNews supaya aktivitasmu bisa lebih efektif.

1) Tentukan Prioritas
Mulai susun prioritas. Urutkan hal-hal yang memang mendesak untuk dilakukan dari mulai poin pertama hingga terakhir. Kalau memungkinkan, catat urutan prioritasmu itu dalam sebuah notes kecil agar mudah dibawa. Setiap selesai melakukan satu kegiatan, ceklis poin yang ditulis di notes tadi. Begitu terus setiap hari agar kita bisa evaluasi hal-hal apa yang masih kurang atau belum dilakukan hari ini.

2) Jangan membuang waktu dengan hal tidak bermanfaat.
Upayakan berani berkata tidak atau nanti untuk hal-hal yang belum terlalu mendesak. Misalnya, kamu sedang menyelesaikan pekerjaan kantor, tiba-tiba ada teman yang menawarkan membaca novel terbaru. Maka, berusahalah berkata tidak atau nanti pada temanmu dan selesaikan dulu pekerjaan yang menunggu.

3) Fokus 
Saat sedang mengerjakan sesuatu, fokuslah selama beberapa saat untuk menyelesaikan kegiatan tersebut. Usahakan agar tidak tergoda dengan hal-hal kecil yang bisa membuat konsentrasi menjadi goyah. Meningkatkan fokus akan membuat pekerjaanmu lebih cepat selesai karena akan menjadi lebih mudah paham step-step yang harus dilakukan.

4) Kurangi Handphone dan sosmed.
Berdasarkan pengalaman, mematikan data seluler handphone bisa memiliki dampak yang signifikan terhadap penyelesaian tugas-tugas. Saat kamu sedang fokus terhadap suatu tugas, matikan dahulu data seluler, atau matikan notifikasi agar bisa tetap fokus. Seringkalinya, kita hanya bermaksud membuka notif satu kali, namun akhirnya keterusan sehingga waktu menjadi terbuang dan kegiatanmu tidak selesai.

5)  Estimasikan Waktu
Buat target atau estimasi waktu. Dalam berapa jam atau dalam berapa hari saya bisa menyelesaikan pekerjaan ini. Tambahkan estimasi waktu ini dalam notes kecil bersama poin rencana. Membuat estimasi bisa menjadi pentrigger semangat untuk menyelesaikan tugas-tugas lain yang masih menunggu dan belum selesai.

6) Tidak menunda-nunda pekerjaan.
Usahakan selalu menyelesaikan suatu tugas atau pekerjaan di awal waktu. Mengerjakan di awal waktu membuat kita lebih mudah berpikir jernih sehingga kegiatan tersebut lebih cepat selesai. Kita juga jadi punya waktu tambahan untuk evaluasi apakah pekerjaan tadi telah dilakukan dengan benar. Kita juga jadi punya kesempatan untuk mempersiapkan kegiatan selanjutnya sehingga bisa lebih matang.

7) Beri hadiah untuk diri sendiri atas pencapaian yang telah dicapai.
Poin ketujuh ini juga tak kalah penting. Untuk setiap keberhasilanmu dalam melewati hari dengan sederet aktivitas padat, sesekali berilah hadiah untuk dirimu sendiri. Tujuannya, untuk memicu hormon kebahagiaan diproduksi agar kamu tidak terlalu merasa terbebani. Juga agar lebih semangat untuk menyelesaikan tugas-tugas yang kembali menumpuk esok hari. Tubuh yang sehat dan bahagia, akan menghasilkan output-output pekerjaan yang lebih berkualitas pula.

Meskipun sering dianggap remeh, namun pengaturan waktu sehari-hari ini berperan sangat penting dalam pembentukan kepribadian jangka panjang kita, lho. Seseorang yang manajemen waktunya baik, akan lebih mudah mengatur langkah-langkah hidup selanjutnya. Sehingga ia bisa melesat dengan pencapaian lebih cepat daripada seseorang dengan manajemen waktu yang kurang baik. 

Nah, itulah tadi serangkaian tips manajemen waktu dari AmperaNews supaya aktivitasmu lebih efektif dan supaya target-target hidupmu lebih terorganisir. Semoga bermanfaat ya.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Iklan Business

STATISTIK PENGUNJUNG

  • User Online 5

  • Today Visitor 382

  • Hits hari ini 768

  • Total pengunjung 125187

  • IP Anda 3.231.228.109