Tak Cuma di Yogya, Delman Juga Ada di Palembang


crew
11 Jan 2019, 15:10:48 WIB
Tak Cuma di Yogya, Delman Juga Ada di Palembang

Keterangan Gambar : Walikota Palembang Harnojoyo menaiki Delman bersama Sekretaris Daerah Kota Palembang Harobin Mustofa di Kambang Iwak.


Palembang-- Saat ini masyarakat Kota Palembang bisa menikmati naik delman kuda yang sudah secara resmi beroperasi di sekitar wilayah Kambang Iwak Palembang usai diresmikan Walikota Harnojoyo, Jum'at (11/1/2019).

Hal ini menjadi wisata baru bagi pengunjung lokal maupun wisatawan asing saat berkunjung ke kota Palembang.

Untuk tarif biaya naik Delman ini hanya Rp 10 ribu dan weekend Rp 15 ribu dengan jumlah lima orang penumpang. Rutenya diseputaran kambang iwak.

Kepala Dinas Pariwisata kota Palembang Isnaini Madani, menjelaskan saat ini baru tiga delman yang didatangkan. Dengan harapan, keberadan delman ini mampu memberikan daya tarik bagi wisatawan yang datang ke Palembang.

"Kuda ini akan stay di kambang iwak karena disana salah satu tempat favorit dan paling banyak orang yang datang. Sebenarnya di Palembang delman ini sudah ada sejak tahun '50-60an dengan nama Sado yang biasa digunakan para pedagang di Pasar 16 Ilir. Kambang Iwak dirasa salah satu lokasi wisata yang cocok dengan delman," ucapnya.

Mengenai jam operasi delman kuda akan beroperasi setiap pukul 08:00 hingga 10:00 malam. Kusir juga dilarang untuk menaikkan dan menurunkan penumpang dijalan karena bisa menyebabkan kemacetan.

"Rutenya saat ini baru Kambang Iwak Besak dan kecik, beroperasinya setiap hari mulai pukul 8 pagi kecuali hari Minggu pada pukul 10 pagi. Kuda sendiri akan ditempatkan ditempat komunitas kuda di Kilometer 7, saat ini kami lagi usahakan tempat agar mereka bisa menitipkan gerobak andongnya," lanjutnya.

Walikota Harnojoyo berharap keberadaan delman ini akan menjadi magnet wisatan lain karena tak perlu datang jauh-jauh ke Yogyakarta.

"Selama ini kita jumpai kuda hanya di Yogyakarta dan Bandung, nah ini untuk memberikan kenyamanan saat berkunjung ke kota Palembang yang mau jalan kaki silahkan, yang tak kuat telah disiapkan delman mengantarkan pengunjung berkeliling," ujar Harno.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook