Survei SMRC : Harnojoyo Melambung Lewati Sarimuda, Mularis Paling Buncit


crew
11 Sep 2017, 06:53:07 WIB
Survei SMRC : Harnojoyo Melambung Lewati Sarimuda, Mularis Paling Buncit

Keterangan Gambar : Peneliti dari SMRC memberikan keterangan Pers di Arista kemarin


Palembang-- Lembaga Survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) memprediksi jika Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) dilakukan sekarang maka pasangan incumbent Harnojoyo - Fitrianti Agustinda dipastikan melenggang memenangkan Pilkada. Masyarakat ingin petahana kembali menjadi pemimpin kota Palembang. Hal itu berdasarkan survei yang dirilis SMRC, dengan tingginya kepuasan masyarakat terhadap pelayanan kepepimpinan Harnojoyo sebanyak 79 persen dan Fitrianti 75 persen.

Pasangan Harno - Fitri memiliki dukungan paling tinggi dengan 41,8 persen, diikuti Sarimuda MT - Abduk Rozak 28,4 persen dan diposisi buncit ada pasangan Mularis - LEA dengan 3,8 persen, dengan tingkat pemilih mengambang (tidak tahu, tidak jawab) mencapai 26,0 persen. 

Peneliti SMRC Djayadi Hanan menjelaskan survei tersebut dilakukan 24-30 Agustus lalu dan ditujukan ke 450 responden yang memiliki hak pilih menggunakan metode multistage random sampling dengan margin of error 4,7 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

"Survei ini berdasarkan hasil hasil yang dilakukan setiap bakal calon disetiap tahapan sendiri-sendiri hingga peluang untuk maju secara berpasangan, kalau independen nggak ada ya, karena ini berdasarkan perkembangan bakal calon itu sendiri," kata Djayadi pada jumpan pers di Arista kemarin.

Pada setiap tahapan survei yang dilakukan seperti jajak pendapat walikota pilihan masyarakat secara spontan hingga pengajuan sejumlah nama ke responden, Harnojoyo masih  unggul disetiap tahapan itu diikuti Sarimuda dan Mularis Djahri.

Dibandingkan Sarimuda 87 persen dan Mularis yang hanya 53 persen, tingkat popularitas Harnojoyo sebagai calon kian melambung. Harno paling dikenal masyarakat dengan capaian 92 persen.

"Untuk Harno dan Sarimuda, semakin  dikenal para calon ini, masyarakat semakin senang, nah kesukaan dengan Harnojoyo termasuk tinggi," kata dia.

Menurut survei SMRC sifat kepemimpinan yang jujur dan bersih dari korupsi menjadi keinginan dan dambaan masyarakat, diiringi sifat perhatian pemimpin terhadap warganya.

"Untuk pemimpin bersih dari korupsi mencapai 46 persen, peduli terhadap rakyat 38 persen dan relegius atau taar beragama 6 persen, ini tingkat sifat yang harus dimiliki setiap calon," terang Djayadi.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook