Supaya Zakat Tepat Sasaran, Baznas Palembang Bentuk Pengurus UPZ Masjid Darussaid


Amperanews
09 Okt 2021, 16:54:51 WIB
Supaya Zakat Tepat Sasaran, Baznas Palembang Bentuk Pengurus UPZ Masjid Darussaid

 

Palembang-- Sekretaris Daerah Kota Palembang Ratu Dewa melalui Staf Ahli Walikota Palembang Artur melantik unit pengumpul zakat (UPZ) masjid Darussaid kota Palembang sebagai lanjutan dari program Palembang Peduli untuk menyasar warga yang membutuhkan dan berhak menerima zakat. 

Dalam pembentukan UPZ tersebut, hadir juga Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Palembang Nur Ainun Tanjung, Camat Ilir Timur III Rusmeidi Saputra, Sabtu (9/10/2021). 

Kepala Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Palembang Kgs M. Ridwan Nawawi menjelaskan Baznas mempunyai terget besar terhadap pengumpulan zakat. Menurutnya melalui program Palembang Peduli pihaknya bakal berkomitmen menyebar ribuan paket sembako di Palembang. Penyaluran itu akan melalui beberapa lini sentral seperti lewat Kecamatan dan masjid musholla. 

"Ini akan kita tekankan terus, saat ini UPZ di Palembang sudah mencapai 300 an lebih, kami ingin seluruh masjid memiliki UPZ," Ujar Ridwan. 
Dia berharap pada saatnya Baznas bukan hanya dikenal oleh para Aparatur Sipil Negara (ASN) saja namun seluruh warga Palembang yang menjadikan Baznas sebagai wadah untuk membantu sesama. 

"Untuk sekarang tetap kita tekankan agar ASN menyalurkan zakatnya dan itu dikontrol oleh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) nya masing-masing, kemudian sosialisasi ke masyarakat umum di Palembang, " Tandasnya. 

Sementara itu Artur menuturkan dengan program Palembang peduli ini paling tidak bisa meringankan beban masyarakat yang membutuhkan apalagi mengingat sekarang masih pandemi Covid19. Lebih jauh Artur menerangkan Pemkot Palembang sangat menginginkan hal ini meruapakan langkah awal agar penyaluran zakat lebih optimal dengan menyasar lewat UPZ. 

"Pemerintah menginginkan kedepan penyaluran zakat harus optimal dapat memenuhi target, " Singkat Artur. 

Kemudian,Mgs H. Muhammad Farouq yang baru dilantik menjadi ketua UPZ Masjid Darussaid menyampaikan bahwa UPZ Darussaid adalah salah satu ujung ranting Baznas sebagai masjid kota yang siap menjadi percontohan bagi masjid lainya.

Berikut nama-nama pengurus Unit Pengumpulan Zakat Masjid Darussaid Kota Palembang:
- Ketua: Mgs. H. Muhammad Farouq, M.Pd
- Sekretaris: DR. Afriantoni, M.Pd.I
- Bendahara: Hj. RZ Heriyanti, SE, M.Si

- Seksi Pengumpulan
1. H. Imam Warmansyah, MA
2. H. Nazarmanto, MA
3. Asmuni Falahul Faleh, M.Pd.I
4. Arif Hidayatulloh
5. Rizki Al-Fajri Zein

- Seksi Pendistribusian
1. Moch Sobirin, SE
2. Muhammad Amin, Amd
3. M. Hasbi Ash Shiddiqi, S.Kom.
4. Arif, S.Sos
5. Muhammad Yunus Hasibuan




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook