Riza Pahlevi : Cerdas Manajemen Diri Saat Ramadhan


crew
14 Mei 2019, 03:24:17 WIB
Riza Pahlevi : Cerdas Manajemen Diri Saat Ramadhan

Keterangan Gambar : Riza Pahlevi saat tampil dalam program Anten-Anten Nunggu Buko di Pal TV Senin, (13/05/19)


Amperanews, Palembang-- Riza Pahlevi sekaligus penulis novel fenomenal Ampera Runtuh memberikan pencerahan dengan fokus manajemen diri di bulan ramadhan pada program "Anten-anten Nunggu Buko" di stasiun Palembang TV Senin, (13/05/19).

Dalam salah satu segmen, Riza membahas secara detail urgensi waktu dalam kehidupan seorang muslim. Menurutnya, Al-quran yang selama ini dijadikan pedoman oleh seluruh ummat muslim telah menjelaskan secara gamblang dan berulang-ulang ayat yang berisi tentang pentingnya waktu seperti surat Al-Ashr.

"Kalau kita mau evaluasi lebih mendalam, coba untuk yang masih sering gagal, analisis lagi manajemen waktunya. Mencoba berbisnis, gagal. Mencoba daftar perusahaan A, gagal. Mungkin kegagalan-kegagalan itu salah satu faktor penguatnya adalah diri kita yang kurang bersahabat dengan waktu. Ada waktu ibadah, tapi malas. Ada pekerjaan yang harus diselesaikan, tapi ditunda-tunda, padahal kita harusnya sudah bisa mengerti mana yang jadi prioritas dan mana yang bukan," tutur Riza.

Riza menambahkan, membuat jadwal kegiatan dan aktivitas setiap harinya bisa dijadikan salah satu opsi sebagai tolak ukur capaian sejauh mana seseorang bisa mengatur waktu dengan baik. Selain itu, analisis kekuatan dan kelemahan diri menjadi salah satu poin penting dalam menentukan langkah-langkah yang selanjutnya akan diambil. 

"Permasalahan ummat ini dimulai dari kita sendiri. Coba analisis apa saja kelemahan kita, apa saja kelebihan kita. Kalau kita tau analisis kekuatan kelemahan kesempatan dan ancaman apa saja yang bisa mengenai diri kita, maka dari jauh-jauh hari bisa antisipasi. Bisa merancang lebih matang kemana arah hidup ini akan dibawa," imbuhnya.

Tak hanya itu, saat disinggung mengenai permasalahan masyarakat yang kompleks mulai dari ekonomi, politik, sosial dan krisis moral, Riza menjawab antusias dengan menyatakan dukungan penuh terhadap program-program sosial kemanusiaan yang dijalankan pemerintah Kota Palembang.

Menurutnya, persoalan-persoalan di tengah ummat erat kaitannya dengan pengendalian ego dan status ekonomi. Misalnya saja masalah ekonomi, jika sebagian dari masyarakat mampu mau menyisihkan sebagian penghasilannya pada anak yang kurang mampu, kemudian gerakan ini dikelola dan dikoordinir dengan baik, maka ide yang meskipun sederhana ini bisa terbentuk wujud konkrit sebagai awal kebangkitan ekonomi ummat.

"Manfaatkan waktu sebaik-baiknya di seluruh bulan, terkhusus di bulan ramadhan ini. Sempatkan tilawah perhari satu juz, sempatkan ibadah ke masjid atau mushola, sempatkan berzikir, insyaaAllah ramadhan kita akan menjadi lebih bermakna," tutupnya.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook