Rakornas Kepegawaian 2019, BKN Bahas Sistem Seleksi CPNS


Amperanewscom
25 Sep 2019, 21:23:30 WIB
Rakornas Kepegawaian 2019, BKN Bahas Sistem Seleksi CPNS

Keterangan Gambar : Pemerintah Kota Palembang menerima penghargaan sebagai instansi yang menggunakan Computer Assisted Test (CAT) dari Badan Kepegawaian Nasional dalam Pelaksanaan Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2018 dalam acara Rakornas Kepegawaian di Yogyakarta Marriot Hotel. Penghargaan ini diberikan langsung oleh Kepala Badan Kepegawaian Negara, Bima Haria Wibisana kepada Walikota Palembang yang diwakili oleh Kepala BKPSDM Kota Palembang H. Riza Pahlevi, MA. @kominfopalembang


Amperanews, Palembang--  Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) pusat Dr. Ir. Bima Haria Wibisana, M.SIS nyatakan ASN harus lebih kritis dan siap mengambil setiap peran dari banyak peluang yang hadir.

Hal ini disampaikannya dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepegawaian yang diikuti oleh banyak pejabat pimpinan tinggi dari berbagai daerah pada Rabu, (25/09/19) di Yogyakarta Marriott Hotel.

Hadir juga pada acara tersebut Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Palembang Dr. Riza Pahlevi. MA.

"ASN saat ini harus menyadari, bahwa kita hidup dalam sebuah lingkungan global yang sangat dinamis. Kondisi saat ini diwarnai oleh berbagai perubahan, kompleksitas, dan ketidakpastian, bahkan 
jauh dari apa yang telah kita prediksi. Oleh karenanya ASN diharapkan mampu mengambil peran dalam setiap lini perubahan yang ada," ungkap Bima.

Workshop bertema ASN sebagai Perekat dan Pemersatu Bangsa ini mendapat antusiasme yang tinggi dari setiap peserta dan seluruh tamu undangan yang hadir. 

Selain materi inti kepegawaian, dalam workshop itu narasumber juga menjelaskan langsung perihal alur penerimaan ASN atau proses Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSC-ASN).

Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian Pusat menyampaikan, sistem seleksi terdiri dari tiga tahap. Tahap pertama meliputi persiapan kompetensi dasar dan kompetensi teknis oleh Konsorsium PT dan Instansi pemerintah. Kemudian, tahap kedua meliputi registrasi validasi data, kontrol kehadiran, dan pelaksanaan tes berbasis komputer. 

Selanjutnya, tahap ketiga meliputi proses penilaian yang perhitungannya sama dengan dengan tahun sebelumnya yaitu 40% SKD dan 60% SKB. Total skor dari keseluruhan tes kemudian akan diakumulasi dan dipilih tiga orang dengan nilai terbaik untuk dapat masuk ke tahapan penerimaan selanjutnya sesuai kebijakan dari masing-masing instansi.

"Sistem seleksi calon ASN tahun ini masih sama seperti sebelumnya, dapat diakses secara online. Untuk Rekruitmen, saat ini diterapkan pada CPNS, CP3K dan Sekolah
Pendidikan Kedinasan," ujarnya.

Kepala BKPSDM Kota Palembang Dr. H. Riza Pahlevi, M.A yang hari ini menjadi salah satu audiens mengaku agenda ini merupakan salah satu agenda paling bermanfaat sebagai wadah pengembangan mindset untuk setiap pejabat tinggi yang bertanggung jawab atas banyak pegawainya.

"Tentu acara ini sangat baik untuk membentuk pengembangan pola pikir. Apalagi bagi kami yang rata-rata harus benar-benar mumpuni dan punya ilmu dalam mengelola setiap sistem tata kelola kepegawaian yang dibentuk," tutur Riza.

Teks : Nia




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Iklan Business

STATISTIK PENGUNJUNG

  • User Online 3

  • Today Visitor 354

  • Hits hari ini 635

  • Total pengunjung 125159

  • IP Anda 3.231.228.109