Pertama di Sumatera, BKPSDM Palembang Luluskan 10 Asesor Ahli Pertama


Amperanews
07 Sep 2020, 16:02:32 WIB
Pertama di Sumatera, BKPSDM Palembang Luluskan 10 Asesor Ahli Pertama

Palembang-- Dalam rangka meningkatkan kualitas efisiensi dan efektivitas pengisian formasi jabatan di Pemerintah Kota Palembang, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Palembang luluskan sepuluh calon Asesor Ahli Pratama. 

Mengacu pada PERMENPAN 39 Tahun 2020 tentang jabatan fungsional Asesor Sumber Daya Manusia Aparatur, tupoksi utama Asesor ialah sebagai penilai kelayakan kompetensi seseorang untuk duduk di suatu jabatan dengan metode manajemen talenta. 

Adapun indikator Manajemen talenta yang dinilai ialah menguji kompetensi manajerial dan menguji sosiokultur. 

Kabid Pengembangan dan Kepangkatan BKPSDM Palembang Pratama Rayan Suari, SH., M. Si menyatakan pelaksanaan uji kompetensi Asesor ini merupakan yang pertama diadakan dalam lingkup BKN Regional VII. 

"Sebelumnya, kalau mau pengangkatan JPT Eselon II, asesmennya selalu di BKN Pusat. Kalau Eselon III tidak ada asesmen. Nah setelah kebutuhan asesor kota mencukupi sebanyak sepuluh orang, kemungkinan nanti akan dirumuskan kebijakan terbaru agar lebih efektif dan efisien," ujarnya. 

Untuk pengembangan karirnya sendiri, Asesor termasuk dalam jabatan fungsional yang memiliki tiga klasifikasi nomenklatur berupa Asesor ahli pertama, Asesor Ahli Muda, Asesor Ahli Madya, dan Asesor Ahli utama. 

"Golongan 3A dan 3B untuk Asesor ahli pertama.  Golongan 3C dan 3D untuk asesor ahli muda. Golongan 4A, 4B, dan 4C untuk asesor ahli madya. Terakhir, golongan 4D asesor ahli utama. Kalau seseorang sudah berhasil masuk jenjang asesor ahli utama, maka istimewanya masa pensiunnya bisa sampai 65 tahun," ungkapnya. 

Analis Pengembangan Karir Bidang Kepangkatan BKPSDM Kota Palembang Iman Hidayat yang juga mengikuti uji kompetensi sebagai Asesor beberapa waktu lalu mengungkapkan bahwa setelah mendapat surat rekomendasi, setiap calon Asesor tidak langsung akan mendapat persetujuan. Melainkan harus mengajukan diri terlebih dahulu untuk diangkat menjadi Asesor Kota. 

"Ada beberapa tahapan sampai akhirnya bisa keluar SK jabatan fungsional sebagai Asesor. Kita akan jajaki satu persatu," ujar Iman. 

Ia juga menambahkan BKPSDM Kota juga tentu harus menghitung Analisis Jabatan agar benar-benar sesuai dengan kebutuhan. 

"Awalnya tentu dilihat berdasarkan analisis jabatan dan analisis beban kerja. Kalau yang sebenarnya Palembang butuh dua belas orang, tapi setelah melalui pertimbangan ulang, kabupaten kota hanya bisa disetujui 10 orang. Alhamdulillah kemarin lulus semua, " katanya.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook