Perhatian, Jangan Upload Hal Ini di Medsos


AmperaNews
30 Agu 2017, 13:27:28 WIB
Perhatian, Jangan Upload Hal Ini di Medsos

Keterangan Gambar : Net


Amperanews.com-- Privasi jadi hal langka akhir-akhir ini, dan media sosial (medsos) kesayangan Anda mungkin penyebabnya. Namun perlu juga diingat, ada beberapa hal yang dilakukan di medsos yang bisa memperburuk keadaan.

Daripada terjadi hal yang tidak diinginkan, lebih baik mencegahnya dengan memilah postingan di medsos. Setidaknya, ada 6 hal yang sebaiknya jangan diposting di medsos, seperti dikutip dari Pop Sugar, Jumat (7/4/2017).

1. Alamat rumah dan tempat kerja
https://newrevive.detik.com/delivery/lg.php?bannerid=0&campaignid=0&zoneid=658&loc=https%3A%2F%2Finet.detik.com%2Fcyberlife%2Fd-3468408%2F6-hal-yang-sebaiknya-jangan-diposting-di-medsos&referer=https%3A%2F%2Fwww.google.co.id%2F&cb=f21d29f349Ini bukan soal mengetikkan alamat rumah dan kantor secara lengkap di profil Facebook atau media sosial lainnya. Yang sering orang tidak sadari, aktivitas 'check in' dan 'geo tag' foto, sebenarnya memberikan detail keberadaan Anda.

Misalnya, geotag yang ditambahkan di foto Instagram akan menarik informasi peta digital di mana sebenarnya Anda saat itu. Jika semua geotag Anda mengarahkan pada lokasi yang sama, seseorang yang berniat jahat bisa menyimpulkan di mana Anda tinggal dan bekerja.

2. Foto tertentu anak-anak
Siapa yang tak gemas untuk tidak memposting kelucuan anak-anak di medsos. Tapi soal anak-anak dan medsos, memang harus ekstra hati-hati. Kita harus lebih selektif untuk foto-foto tertentu.
Sebaiknya, pastikan kita mendapat izin dari orangtuanya sebelum memposting apapun. Bahkan jika itu foto anak sendiri pun, hindari foto-foto yang terlalu mengekspos bahkan menempatkan anak dalam kondisi bahaya, antara lain termasuk ke mana mereka pergi sekolah.

3. Detail liburan
Memberitahukan orang bahwa Anda sedang jauh dari rumah untuk beberapa waktu yang cukup lama, bisa mengundang pencuri menyambangi rumah.

Bukan berarti Anda tak boleh memposting foto-foto perjalanan selama liburan. Sekali lagi, selektif memposting mana yang aman dan yang tidak. Jangan memposting keseluruhan rencana perjalanan seperti tanggal beserta tempatnya.

Tak kalah penting untuk diingat, hindari memamerkan foto boarding pas atau paspor, karena itu tak hanya mengungkap informasi perjalanan tetapi juga detail informasi mengenai Anda yang bisa disalahgunakan.

4. Petunjuk kata sandi
Pertanyaan untuk keamanan online bukan perlindungan terkuat akun Anda, terutama ketika mereka memerlukan informasi yang bisa dengan mudah Anda cantumkan di jejaring sosial.
Informasi ini misalnya, kota kecil tempat Anda lahir, nama hewan peliharaan, di mana Anda menikah, dan lain-lain. Hal-hal spesifik semacam ini tidak perlu diketahui lingkungan teman medsos.

5. Foto pribadi
Kita mungkin tidak pernah memposting foto telanjang di Instagram, Facebook atau Twitter. Namun foto-foto pribadi semacam itu mungkin saja dikirimkan melalui Messenger atau Snapchat. Di jaman digital, aplikasi chat pun sudah seperti medsos. Jadi, ini tetap tidak aman dan rentan bocor. Kita tak bisa percaya sepenuhnya pada orang lain di medsos.

6. Informasi kartu kredit dan detail finansial
Ya, beberapa orang ada yang memposting foto kartu kredit mereka di medsos. Semoga Anda bukan salah satunya. Ada juga yang secara tidak sadar mengungkap detail finansial dengan menyebutkan bank yang digunakan dan rata-rata pendapatan dalam percakapan Facebook atau Twitter conversations.

Ingat, bahkan informasi tempat dan tanggal lahir saja cukup bagi hacker untuk mengakses informasi finansial Anda.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook