Pemkot Palembang Sosialisasi Masa Pensiun, Pegawai Harus Punya Perencanaan


AmperaNews
23 Jul 2020, 08:02:01 WIB
Pemkot Palembang Sosialisasi Masa Pensiun, Pegawai Harus Punya Perencanaan

Palembang- Pemerintah kota Palembang bekerja sama dengan PT Taspen melakukan sosialisasi dan pelatihan kewirausahaan bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang memasuki masa pensiun ditahun 2020. 

Walikota Palembang Harnojoyo melalui Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) kota Palembang Riza Pahlevi menjelaskan sosialisasi itu dilakukan sebagai langkah perencanaan para PNS yang telah memasuki batas usia pensiun (UBP) ditahun 2020. Menurutnya perencanaan itu begitu penting karena apabila tidak memiliki suatu perencanaan yang baik sama halnya dengan merencanakan kegagalan.

"Itu pasti kita akan bertemu dengan kata kata pensiun, muncul sebuah pertanyaan besar apakah kita akan menjadi pensiun yang betul betul mandiri, yang hebat atau justru sebaliknya," kata Riza.

Karena berdasarkan riset, ada beberapa kemungkinan yang bakal terjadi. Pertama, pegawai yang memasuki usia pensiun akan mengalami sebuah kekhawatiran, kebingungan, latah bahkan melakukan hal hal yang kurang baik, bahkan ada yang pause power syndrome. 

Kedua, menjadi pensiunan yang produktif dengan finansial yang hebat. Bahkan yang dulunya gajinya pas pasan, ketika pensiun justru bisa lima hingga 10 kali lipat. 

"Pertanyaanya, kita mau yang pertama atau mau yang kedua?. Pasti kita menjawab mau yang kedua, kalau ingin yang kedua maka apa yang harus kita lakukan?," tanya Riza.

Oleh sebab itu, Riza berharap semua pegawai yang bakal memasuki masa pensiun tersebut harus mempersiapkan perencanaan dan aksi yang baik, dan manajemen serta kontrol terhadap yang sudah  dilakukan. 

Sementara itu Kepala Cabang PT Taspen Palembang Kartiman Slamet mengatakan sosialisasi ini sangat penting mengingat pengembangan potensi harus tetap dilakukan kepada para pegawai yang pensiun. 

Dia menjelaskan tanpa BKPSDM, Taspen tidak bisa membayar pensiun kalau SK pensiun belum diterbitkan.

"Alhamdulillah selama ini berjalan sangat baik dan ini merupakan suatu kegiatan yang diselenggarakan untuk ketika bapak Ibu memasuki masa pensiun untuk melakukan suatu aktivitas pada saat pensiun nanti," ujarnya. 

Saat pensiun, Kartiman berharap semua pegawai mampu beraktivitas agar pikiran terus bekerja sampai menghasilkan sesuatu. 

"Kami akan menjelaskan apa yang harus dilakukan, tanyakan apa yang ingin ditanyakan," singkatnya.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook