Pemkot Kian Berupaya Tingkatkan Akreditasi Sekolah Dasar


crew
28 Mar 2018, 09:45:31 WIB
Pemkot Kian Berupaya Tingkatkan Akreditasi Sekolah Dasar

Keterangan Gambar : Siswa Sekolah Dasar Negeri 21 tengah menjalankan aktivitas belejar di halaman sekolah.


Palembang—Unit Pelaksana Akreditasi Kota Palembang mencatat pada 2016 dari 268 Sekolah Dasar Negeri (SDN) hanya 49 SDN yang terakreditasi A, dan 162 SDN dengan akreditasi B, serta 49 akreditasi C, kemudian masih terdapat 9 sekolah dasar yang belum terakreditasi.

Kepala Dinas Pendidikan kota Palembang Ahmad Zulinto menjelaskan pemerintah dan pihak Kepala Sekolah terus bergandeng berupaya memperbaiki akreditasi sekolah karena hal ini menjadi tolak ukur suatu lembaga pendidikan.

Ada sejumlah syarat yang tengah digodok guna peningkatan akreditasi diantaranya pemenuhan standar sarana prasarana sekolah.

“Akreditasi itu harus memenuhi delapan standar, antara lain sarana prasarana, standar isi dan kelulusan,” kata Ahmad Zulinto usai peresmian gedung baru Sekolah Dasar Negeri 19 Palembang, Selasa (27/3).

Dijelaskan Zulinto, perihal fasilitas pendidikan yang memenuhi standar kelayakan juga menjadi prioritas utama dalam peningkatan akreditasi. Sebab itu pihaknya mengintruksikan Kepala Sekolah agar membantu memenuhi segala kekurangan persyaratan akreditasi demi memunculkan sekolah dasar yang mapan di tengah masyarakat.

"Kepala Sekolah itu tugasnya mengisi standar-standar lain, nah kalau tertib delapan standar dengan baik InsyaAllah akreditasi kita akan berubah menjadi A.
Apalagi kalau sekolah kita sudah dibangun seperti ini salah satu standar sudah meningkat tajam yaitu standar sarana prasarana," tambah Zulinto.

Selain itu, faktor standarisasi Sumber Daya Manusia (SDM) juga menjadi penilaian penting dalam peningkatan akreditasi. Seorang guru harus memiliki kematangan dalam mengajar.

"Maka mudah-mudahan kalau Kepala Sekolah sudah memahami, guru sudah memahami, kami dari pemerintahan sudah melengkapi maka akreditasi kita akan meningkat," imbuh dia.

Zulinto mengajak seluruh sekolah harus lebih mempersiapkan diri untuk meningkatkan akreditasi.

"Perlu diketahui, akreditasi itu alat ukur suatu sekolah, tapi yang jelas kita terus memotivasi pihak kepala sekolah untuk akreditasi sekolahnya," tutupnya.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook