Pasar 16 Ilir Bakal Jadi Pasar Modern


Amperanewscom
15 Feb 2019, 22:44:03 WIB
Pasar 16 Ilir Bakal Jadi Pasar Modern

Amperanews.com, Palembang-- 
Pasar 16 Ilir Palembang bakal menjadi pasar modern setara mall dengan sejumlah aspek seperti pengelolaan penataan penggunaan pasar, penertiban keamanan hingga renovasi sejumlah fasilitas.  

Hal ini diutarakan dalam rapat  sosialisasi Pemerintah Kota Palembang bersama pedagang dan pengelola Pasar 16 pada Jumat, (15/02/19). Dalam sosialisasi tersebut, Sekretaris Daerah kota Palembang Harobin Mustofa menjelaskan hal itu dilakukan untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat yang berkeadilan, sehingga Pasar 16 mampu berkontribusi membangun Palembanng.

"Kita berpikir bukan bagaimana pemerintah membangun pasar 16, tapi kedepan pasar 16 yang membangun Palembang," ujar Harobin, Jumat (15/02/2019).

Hadir juga dalam pertemuan itu Kepala Perusahaan Daerah Pasar Kota Palembang Saiful, Kepala Bagian Kesejahteraan Riza Pahlevi dan puluhan pedagang pasar.

Dalam perencanaannya, menurut Harobin gedung Pasar 16 akan direnovasi  berkonsep seperti mall dan bakal memiliki tangga eskalator sebagai akses naik turun antar lantai yang didesain modern. Selain itu, akan didesain pula di lantai paling atas gedung sebagai pusat kuliner sejenis foodcourt.

"Pembangunan gedung pasar 16 selain diisi oleh banyak pedagang umum, pada lantai 5 juga akan memiliki lokasi khusus untuk kuliner berupa 20 retail dapur besar, 24 retail dapur kecil, dan memiliki 180 meja yang menampung 720 orang," ujarnya saat ditemui Amperanews usai sosialisasi.

Tak hanya itu, Harobin juga menambahkan nantinya pengelolaan Pasar 16 akan terus diperbaiki dan dievaluasi sehingga dalam beberapa periode kedepan bisa meningkatkan citra Pasar dan menciptakan kenyamanan dalam berbelanja baik untuk pedagang maupun pembeli.

"Jadi kami sosialisasikan ini, nanti kami berharap kedepan bukan hanya Pemerintah Palembang yang terus berupaya membangun Pasar 16, tetapi Pasar 16 yang berperan penting untuk membangun Palembang," ungkapnya.

Dalam periode sebelumnya, selama ini pasar 16 memang dikelola oleh pihak ketiga yaitu PT. Prabu Makmur dengan perjanjian kerjasama 20 tahun. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, Pasar 16 kembali dikelola oleh Pemerintah Kota Palembang dan akan terus dikembangkan menjadi pasar yang maju dan berkelas dengan tambahan sarana-sarana yang didukung penuh oleh Pemkot Palembang.

"Dalam pengelolaan Pemkot Palembang ya, nantinya pedagang-pedagang ini akan mendapat kepastian Hak Guna Bangunan (HGB) selama 15 tahun, lalu akan ada juga pembentukan petugas penertiban keamanan, dan renovasi pasar secara berkala sehingga pengunjung pasar kita bisa semakin nyaman berbelanja," imbuh Harobin.

 

Teks.  : Anisa
Editor : Arif




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Iklan Business

STATISTIK PENGUNJUNG

  • User Online 3

  • Today Visitor 364

  • Hits hari ini 674

  • Total pengunjung 125169

  • IP Anda 3.231.228.109