Palembang Terus Akselerasi Pengembangan Wisata Halal


Amperanewscom
30 Okt 2019, 16:30:23 WIB
Palembang Terus Akselerasi Pengembangan Wisata Halal

Keterangan Gambar : Kepala Dinas Pariwisata Kota Palembang Isnaini Madani memberikan materi soal potensi wisata halal di Palembang, Rabu (30/20).


Palembang-- Pariwisata saat ini menjadi   aspek yang diperhitungkan terutama di Palembang, hal ini lantaran pariwisata menjadi salah satu penyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD) untuk kota Palembang. Sebabnya Walikota Palembang Harnojoyo melalui Kepala Dinas Pariwisata Kota Palembang Isnaini Madani menyebut akan terus melakukan evaluasi dan pengembangan disektor wisata halal dan kuliner halal.

"Kami mencatat setiap turis datang ke Palembang spending money nya mencapai Rp. 3 juta. Nah bayangkan ketika banyak turis yang datang ke Palembang ini," kata Isnaini sekaligus menjadi pembicara pada Seminar Kepariwisataan di Hotel The Zuri Palembang, Rabu (30/10/2019).

Hadir juga dalam kegaiatan tersebut Kepala Badan Kepegawaian Pengmbangan Sumber Daya Manusia (BKPSD) Kota Palembang Riza Pahlevi dan Mejelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Palembang Saim Marhadan.

Kegiatan tersebut merupakan program lanjutan tahun lalu yang lebih mendetail mengenai kuliner halal. Menurut Isnaini wisata halal itu bisa memberikan kenyamanan bagi turis muslim untuk bisa beribadah di tempat-tempat wisata atau pusat kuliner yang telah tersertifikasi.

Perlu dukungan penuh untuk mengembangkan wisata halal di Palembang, seperti komunitas, pihak terkait di pemerintahan dan lain sebagainya, apalagi menurutnya Palembang memang tidak dianugerahi alam yang indah, namun, paling tidak bagimana cara mengelola dan mengembangkan potensi wisata yang ada. 

"Seperti halnya sungai Musi, itu naugerah yang harus dikembangkan," tambahnya.

Dia menegaskan pihak terkait tersebut harus berkolaborasi dan bersinergi mendukung penuh untuk menjadikan pariwisata menjadi primadona PAD dan Devisa.

"Kalau bekerjasama misalkan dengan Dinas PU, UMKM, Kebudayaan, dan lainnya maka akan menghasilkan pariwisatanya akan sesaui harapan," jelasnya.

Pada tahun mendatang pihaknya menargetkan 5 persen wisatawan muslim dari negara Arab yang masuk k Indonesia dan datang ke Palembang.

"Lima persen ini satu orang menghabiskan Rp 5 juta rupiah perhari mereka bisa menyumbang PAD dan devisa yang tinggi untuk Palembang," tandasnya.

Sementara itu Plt. Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Palembang Nur Ainun Tanjung menjelaskan seminar kepariwisataan itu sebagai wadah memberikan ide dalam mendukung munculnya wisata halal di Palembang.

"Juga memberikan wawasan bagaimana partisipasi sejumlah pihak untuk destinasi wisata di kota ini," singkatnya.


Teks : Arif

 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Iklan Business

STATISTIK PENGUNJUNG

  • User Online 1

  • Today Visitor 174

  • Hits hari ini 406

  • Total pengunjung 132774

  • IP Anda 3.233.217.242