Palembang Terapkan Ur-Scape Peranti untuk Wujudkan Kebijakan Satu Data


Amperanewscom
05 Nov 2019, 12:21:47 WIB
Palembang Terapkan Ur-Scape Peranti untuk Wujudkan Kebijakan Satu Data

Palembang-- Rosita Samsudin dari Future Cities Laboratory (FCL) Singapura memaparkan pengembangan dalam penerapan Ur-Scape peranti pendukung perencanaan spasial di Kota Palembang menuju kebijakan satu data, Selasa (5/11/19).

"Pertama, berkaitan dengan perbaikan kawasan kumuh dan rawan banjir di Palembang data yang diperoleh pada kategori padat dan sangat padat penduduk," jelasnya pada peluncuran dan serah terima Ur-Scape kota Palembang dengan FCL Singapura.

Selanjutnya yang kedua berkaitan dengan stunting, sesuai data yang ditampilkan pada layar monitor pihaknya menampilkan data populasi balita kurang gizi.

"Mereka yang memerlukan perhatian Pemerintah Kota Palembang untuk diatasi, data yang kami miliki di level kecamatan."

Lebih lanjut, Rosita menyampaikan paparan ketiga mengenai aksesibilitas terhadap fasilitas publik, misalnya pada rumah sakit umum.

"Mengetahui capaian rumah sakit umum, moda transportation untuk menuju kesana. Kita kaitkan pola ruang pada perumahan padat penduduk," urainya.

Berdasarkan data yang di dapat tim redaksi, Ur-Scape akan mengembangkan lingkungan yang nyaman untuk ditinggali, kota yang rensponsif terhadap pembangunan, mengurangi stress point dan meningkatkan sweet spots.

Ir. Agus Kelana, MT Asisten III Bidang Administrasi dan Keuangan Sekretaris daerah (Setda) Kota Palembang meresmikan kerjasama dengan pihak FCL Singapura. 

Agus menuturkan, targetnya akan mengarah ke peningkatan pelayanan publik. Ur-Scape sebagai alat bantu untuk lebih cepat menyajikan data sebagai skenario perencanaan sosial.

"Kita harap Ur-scape bisa menyajian data spasial untuk membuat kebijakan agar perencanaan dan kualitas tata ruang di Palembang lebih tepat," ujarnya.

Ia juga menambahkan, kawasan yg telah di paparkan merupakan isu yg perlu dijawab. Namun, sebaik apapun pirantinya jika kebijakan tidak didukung akan bubar juga.

"Juga diperlukan dukungan pemerintah berupa kebijakan dan pendanaan," pungkasnya.

Reporter : Fitria, Rando




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Iklan Business

STATISTIK PENGUNJUNG

  • User Online 2

  • Today Visitor 182

  • Hits hari ini 447

  • Total pengunjung 132782

  • IP Anda 3.233.217.242