Palembang Satu-satunya Kota Cetak e-KTP di setiap Kecamatan.


AmperaNews
06 Sep 2017, 10:08:08 WIB
Palembang Satu-satunya Kota Cetak e-KTP di setiap Kecamatan.

Walikota Palembang diwakilkan Asisten I Setda Palembang Sulaiman Amin mengakui memang selama ini banyak menerima keluhan masyarakat perihal  ketidaknyamanan saat mengurus e-KTP di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) karena terlalu ramai sehingga harus berdesakan dan antri yang terlalu panjang hingga akhirnya bisa saja tidak dapat jatah lalu harus kembali antri berdesakan esok harinya. Pencetakan e-KTP di kecamatan menjadi solusi Pemerintah Kota Palembang untuk memberikan kenyamanan, kemudahan bagi warga dan memaksimalkan kinerja kerja.

"Hari ini kita launching pencetakan e-KTP di kecamatan. Palembang menjadi satu-satunya daerah menjalankan program ini di Indonesia," Tutur Sulaiman Amin saat launching perdana di Kecamatan Seberang Ulu I Palembang, Selasa (5/9).

Menurut Asisten 1 ini bahwa program percetakan e-KTP di setiap kecamatan di Kota Palembang ini sebenarnya sudah lama diwujudkan dengan tersedianya mesin cetak dan peralatan penunjang di tiap kecamatan. Hanya saja, selama ini terkendala stok blanko sehingga baru bisa dioperasikan.

Seluruh kecamatan Kota Palembang sudah siap membantu Pemerintah Kota Palembang dalam melaksanakan pencetakan KTP elektronik di kantor mereka, untuk  kecamatan baru seperti Jakabring dan Ilir Timur III masih perlu menginduk di kecamatan terdekat seperti jakabaring menginduk di Kecamtan Seberang Ulu I DAN Ilir Timur III menginduk di Kecamatan Ilir Timur III.

"Nantinya akan bertahap ke kecamatan-kecamatan lain. Warga cukup datang ke kecamatan, tak perlu lagi repot-repot ke Disdukcapil, dan kecamatan baru masih perlu menginduk di kecamatan terdekat, tetapi e-KTP yang dicetak sudah sesuai dengan alamat kecamatan yang baru" ujar Sulaiman Amin dengan mimik muka bahagia.

Bagaimana tidak bahagia, Masyarakat Kota Palembang terutama masyarakat kecil tidak harus mengocek kantong lebih dalam untuk biaya transpotasi mereka. Dikatakannya, akan tetapi Sulaiman menjelaskan lebih lanjut bahwa saat ini percetakan e-KTP di kecamatan hanya berlaku untuk pembuatan kartu identitas yang baru sementara e-KTP rusak atau hilang, mesti diurus di kantor Disdukcapil Palembang, bisa dibagi begitu, biar tidak menumpuk lagi di satu tempat. (sb)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook