MTQ Palembang Catat Rekor Muri Kategori Lomba Kaligrafi Pelajar Terbanyak


Amperanewscom
16 Mar 2019, 17:46:10 WIB
MTQ Palembang Catat Rekor Muri Kategori Lomba Kaligrafi Pelajar Terbanyak

Amperanews, Palembang-- Pemerintah Kota Palembang dalam hal ini Bidang Kesejahteraan Rakyat (Kesra) ingin selalu membuat program diferensiasi dalam penyelenggaraan MTQ setiap tahunnya. Tahun ini, MTQ tingkat Kota Palembang Mencatatkan Rekor Muri Indonesia sebagai Lomba Kaligrafi Aksara Arab terpanjang di Indonesia yang diikuti oleh ribuan pelajar se-Kota Palembang pada Sabtu, (16/03/19). 

Walikota Palembang H. Harnojoyo memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada ribuan anak-anak yang ikut menyampaikan pesan keislaman melalui lukisan di atas kanvas. 

"Dengan acara seperti ini akan menambah minat anak-anak untuk gemar menulis, membaca, dan menghafal Al-Qur'an. Alhamdulillah agenda ini sukses. Semoga pembukaan MTQ Palembang malam nanti juga akan berjalan lancar dan meriah," ungkapnya. 

Kepala Bagian Kesra Kota Palembang, Riza Pahlevi mengatakan, pada Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) Kota Palembang tahun 2018 lalu, konsep yang dibentuk berhasil memecahkan Rekor Muri mengaji qori-qoriah terbanyak.  Tahun ini, konsep yang berbeda dipersembahkan kembali dengan menyiapkan 1100 kanvas untuk dilukis kaligrafi oleh peserta. 

"Ada tiga kata yang dilombakan, Al-ilmu, Al-amal, Al-aql. Itu kata motivasi sederhana mudah dipahami anak-anak. Target kita agar anak-anak kita menjadi cerdas dan semangat dalam membuat aksara arab seperti hari ini," katanya. 

Kriteria penilaian lomba hari ini yang pertama yaitu estetika, kedua Qoit atau kaidah tulisan, dan terakhir disiplin waktu dalam melukis yang hanya diperkenankan selama satu jam. 

"Tidak berhenti sampai disini, bulan depan juga akan ada pemecahan rekor Muri launching aplikasi Si Abuh pertama di dunia. Fitur absensi yang menyediakan reward umroh, fitur Si Abuh mart yang direncanakan untuk mengembangkan ekonomi ummat berbasis lokal, dan fitur Si Abuh foundation sebagai sarana sedekah online, standnya bisa dikunjungi di rouder sebelah sana," tambah Riza. 

Menurut Manajer MURI, Ridho Al-amin mengatakan selama ini MURI memang memperhitungkan kuantitas untuk kategori penilaian. Dalam kegiatan hari ini, MURI akan membilang detail jumlah kanvas yang disediakan oleh panitia. Jika memang yang terbanyak jumlahnya dalam kategori lomba kaligrafi aksara arab, maka akan diloloskan untuk meraih rekor MURI.

"Setelah acara selesai akan kami hitung slot kaligrafi yang dilukis. Jika memang terbanyak di MURI akan kami catat rekor MURI Indonesia. Ini rekor pertama kali yang kami catat, karena kategorinya lomba," ujarnya.


Reporter : Maya Citra Rosa




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Iklan Business

STATISTIK PENGUNJUNG

  • User Online 4

  • Today Visitor 354

  • Hits hari ini 632

  • Total pengunjung 125159

  • IP Anda 3.231.228.109