Mengenal Ragam Pelangi Makanan


Amperanewscom
26 Jan 2019, 20:58:26 WIB
Mengenal Ragam Pelangi Makanan

Amperanews.com-- Pernahkan Anda mendengar pernyataan makan untuk hidup, atau hidup untuk makan? Kalimat yang kemudian banyak digunakan sebagai quotes ini memang memiliki banyak makna jika ditelaah secara mendalam.

Makanan merupakan substansi pokok yang kita butuhkan setiap hari.  Seseorang yang benar-benar menjaga kualitas makanannya dengan berprinsip makan secukupnya untuk hidup, akan memiliki metabolisme tubuh dan derajat kesehatan yang lebih berkualitas pula. 

Ketik berbelanja ke pasar, sering kita temukan ragam warna makanan. Bahan makanan yang berwarna-warni itu dikarenakan tumbuhan memiliki zat warna atau pigmen fitokimia. Salah satu fungsi fitokimia ialah sebagai unsur pelindung bagi tumbuhan.

Namun, tahukah Anda ternyata setiap warna yang terkandung di dalam makanan memiliki kandungan gizi yang berbeda. Dalam sebuah seminar ilmiah bersama dr. Ryan Thamrin bahkan pernah dibahas diet pelangi atau metode diet dengan mengonsumsi bahan makanan beraneka warna terbukti lebih efektif dan menyehatkan dibanding metode diet lain.

Lalu, kandungan apa sebenarnya yang terdapat dalam masing-masing warna bahan makanan tersebut? Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

- Merah 
Bahan makanan berwarna merah mengandung likopen untuk menjaga kesehatan sel dan melindungi tubuh dari kanker. Selain itu, dalam warna merah juga terkandung antosianin untuk mencegah infeksi. Jenis makanan yang sering kita temukan mengandung unsur likopen antara lain apel merah, beras merah, bit, ceri, cranberry, delima, jambu, kacang merah, paprika merah, raspberry, semangka, stroberi, dan tomat.

- Kuning.
Di balik warna kuning suatu bahan makanan, terkandung beta karoten dan alpha karoten yang akan diubah menjadi 
bentuk aktif vitamin A untuk menjaga kesehatan mata.
Jenis makanannya antara lain aprikot, blewah, jagung, jeruk, kentang, kesemek, lemon, labu kuning, mangga, melon kuning, nanas, paprika kuning, peach, pepaya, persik, dan wortel.

-Hijau.
Bahan makanan berwarna hijau mengandung tinggi serat dan klorofil. Selain itu, terdapat pula lutein serta zeaxantin untuk membantu mencegah kerusakan mata di usia tua. Jenis makanan yang mengandung tinggi lutein antara lain anggur hijau, apel hijau, asparagus, avokad, bayam, brokoli, buncis, kacang hijau, kacang polong, kangkung, kiwi, melon, paprika hijau, pare, pokchoy, sawi hijau, selada, dan zuchhini.

- Putih.
Makanan berwarna putih mengandung tinggi serat dan vitamin C dan E yang merupakan antioksidan alami untuk mengusir radikal bebas dalam tubuh.
Jenis makanannya antara lain bawang, duku, jamur, jahe, kelengkeng, kembang kol, kol, leci, lobak, pisang, sawi putih, sirsak, tauge, dan ubi.

-Biru.
Warna biru mengandung antochyanin dan proantocyanin yang mampu mengoptimalkan fungsi otak dan antioksidan untuk menjaga kesehatan jantung. Jenis makanan yang sering kita temukan mengandung antochyanin antara lain anggur, blueberry, blackberry, kismis, kol ungu, terung, dan ubi ungu.

Nah, itulah tadi ragam warna makanan plus masing-masing khasiatnya. Semakin ragam warna yang kita konsumsi, ternyata manfaat yang masuk dalam tubuh kita pun akan semakin banyak. Maka, yuk mulai sekarang rutinkan konsumsi ragam pelangi makanan.


Teks: Anisa
Editor: Arif




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Iklan Business

STATISTIK PENGUNJUNG

  • User Online 2

  • Today Visitor 384

  • Hits hari ini 783

  • Total pengunjung 125189

  • IP Anda 3.231.228.109