Memasuki Era 4.0, Guru harus memiliki kemampuan IPTEK


crew
06 Des 2018, 19:06:50 WIB
Memasuki Era 4.0, Guru harus memiliki kemampuan IPTEK

Pendidikan adalah suatu usaha yang dilakukan secara sistematis dalam proses pembelajaran tersebut, agar para siswa ini dapat mengembangkan potensi dirinya dengan sarana terpenting dalam perjalanan hidup manusia untuk membentuk anak bangsa agar berakhlak,berilmu,dan berintegritas yang tinggi. Dimana Pendidikan ini merupakan wadah pelatihan proses mengendalikan manusia menjadi manusia sesungguhnya, sehingga tatanan sosial masyarakat, pembangunan, serta peradaban yang terjadi dapat berjalan dengan sebagaimana mestinya yang telah di tetapkan.

 

Dimana didalam pendidikan ini juga terdapat sebuah pengendalian yang bisa disebut dengan sistem pendidikan atau juga bisa disebut dengan kurikulum. Nah di Indonesia ini sendiri merupakan salah satu negara yang memiliki suatu sistem pendidikan yang ketat dan juga lebih diutamakan pada penekanan aspek kognitif siswanya.

 

Namun tidak bisa juga kita hindari, itulah namanya sistem yang telah ada. Namun Seringkali kita menyalahkan sistem pendidikan yang telah dibuat ini. Dan juga terlepas dari sistem itu benar atau salah, jika kita telah berada dalam suatu sistem ini, maka ikutilah sistem tersebut dengan lancar dan laksanakan kewajibannya, dengan demikian secara berangsur-angsur, kita juga akan memperoleh hak dari apa yang kita inginkan tersebut.

 

Pada dasarnya ini seluruh sistem pendidikan yang telah dibuat ini memiliki tujuan yang sama diantaranya menciptakan insan yang berkualitas dengan akhlak yang mulia, moral yang di siplin, dan kompetensi siswa yang memadahi/memenuhi. Lalu bagaimana kita sebagai generasi penerus bangsa bisa untuk mewujudkannya?

Oleh karena itu saya Ana Dwi Lupitasari mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Jurusan PGMI 01 angkatan 2017 melakukan observasi ke Madrasah Ibtidaiyah ternama di kota P alembang pada Kamis, 29 November 2018.

 

Dalam observasi ini kita tertarik untuk mengetahui secara mendalam mengenai semangatnya seorang guru tersebut dalam mengajar ditengah kurikulum 2013 yang sering kali dibilang bahwa kirukulum itu sulit. Nah disekolah ini kita menemukan beberapa guru yang mengeluh karena perubahan kurikulum, dan guru tersebut merasa bahwa kurikulum 2013 itu begitu sulit dan juga repot, bahkan seorang guru tersebut ingin kembali ke kurikulum KTSP. Tetapi berbeda dengan salah satu guru disana ia memberikan pembelajaran kepada kami, bahwa beliau mengatakan di era melenium atau revolusi industri 4.0 yang terus mengalami perubahan ini, ada 5 kunci yang dapat kita kuasai agar kita mampu bersaing, diantaranya:

a. Kemampuan Dalam Berbahasa,

b. Kemampuan Dalam Berhitung,

c. Kemampuan Dalam Berkomunikasi,

d. Kemampuan Dalam Berteknologi dengan baik,

e. Kemampuan Dalam Berakhlak yang baik

 

Untuk mencapai kemampuan tersebut bukanlah hal yang cepat yang dimana bisa kita dapatkan dengan mudah. Dari sini dapat kita belajar dari filsafat Windows! Yang dimana di dalam Windows tersebut terdapat banyak icon, nah di dalam icon itu juga terdapat file-file, dan dari masing-masing file itu kita perlu meng-klik satu demi satu untuk mencari data yang kita inginkan. Tidak dapat? Cari lagi hingga kita menemukannnya.

 

Lalu bagaimana jika dengan kemampuan yang ada pada diri kita sekarang? Kita perlu berusaha dalam mencarinya yang disertai dengan ketekunan dan juga tidak berputus asa/ pantang menyerah.

 

Jadi pada intinya seorang guru tersebut menjelaskan bahwa kita sebagai calon guru masa depan jangan mengeluh dan jangan putus asa dengan akan adanya perubahan kurikukum yang akan ditetapkan oleh pemerintah karena itulah sistem yang telah ada, jadi benar atau salah nya sistem tersebut maka kita harus mengingat bahwa tugas seorang guru itu hanyalah meningkatkan kualitas dan integritas diri siswa dengan menciptakan berbagai inovasi pembelajaran dalam mendidik siswa tersebut, sehingga pembelajaran itu mudah diterima dan dapat menciptakan generasi cerdas dan berakhlak yang mulia. Jika suatu ketika seorang guru atau siswa nya berkesempatan untuk mengubah sistem pendidikan ini, maka benahilah kesalahan dari sistem sebelumnya dan buatlah sistem yang memang benar dengan bermodal kualitas dan kemampuan yang kita miliki sekarang.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook