Melihat Sejarah Al Quran Al Akbar yang Menjadi Wisata Halal Populer di Indonesia


Amperanewscom
11 Jan 2019, 10:06:15 WIB
Melihat Sejarah Al Quran Al Akbar yang Menjadi Wisata Halal Populer di Indonesia

Palembang-- Mungkin sebagian sudah ada yang tahu, salah satu tempat wisata religi yang menjadi favorit dikota Palembang, ya, Alquran Raksasa atau Al Qur'an Al Akbar. Kini Al Quran Al Akbar menjadi wisata halal terpopuler di Indonesia.

Tempat wisata di kota Palembang yang berada di Jalan M Amin Fauzi, Soak Bujang, RT 03 RW 01 Palembang Sumatera Selatan ini menampilkan sebuah karya unik. Al-Qur’an Al Akbar ini merupakan  Al-Qur’an terbesar dan pertama di dunia dalam bentuk Al-Qur’an 30 Juz dan terbuat di kayu jenis trembesi (kayu ulin) yang berjumlah 630 halaman.

Melihat dari sejarah, sebelum resmi dipublikasikan, Al Quran Al Akbar sengaja dipajang di salah satu ruang di Masjid Agung Palembang selama tiga tahun untuk mendapat koreksi dari seluruh umat. Karena terbilang langka, banyak wisatawan yang datang berkunjung melihat secara langsung.

Dijelaskan H. Kgs Syofwatillah Mohzaib penggagas Al-Qur’an Al Akbar  tersebut menyatakan ayat Al Qur'an itu tepat berjumlah 30 Juz yang dipahat dengan ukiran khas Palembang. 

Dalam ukiran itu menghabiskan kurang lebih 40 meter kubik kayu tembesu. Tak kurang dari 12 miliar rupiah untuk menyelesaikan ukiran Al Quran itu, dimana masing-masing lembar ukuran halamannya 177x140x2,5 sentimeter dan tebal keseluruhan termasuk sampul mencapai sembilan meter. 

Kemudian pada proses pembuatannya memakan waktu bertahun-tahun.  Sehingga Al Akbar mulai diresmikan pada 30 Januari 2012 oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang dihadiri oleh seluruh Delegasi Konferensi Parlemen Organisasi Konferensi Islam (OKI), 

Menurut Pengamat Wisata Daerah Kota Pelambang, Drs.M.Idrus,MP.d keberadaan Alquran terbesar ini cepat terdengar dikalangan masyarakat diseluruh penjuru tanah air, bahkan sampai dunia Internasional mengakui kemegahan seni Islam dengan ukiran khas Palembang itu.

"Selain itu Alquran Al Akbar juga  mendapat pengakuan dari Muri bahkan dari Parlemen Negara-negara Islam yang ada di dunia tahun 2012," tandasnya.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Iklan Business

STATISTIK PENGUNJUNG

  • User Online 3

  • Today Visitor 359

  • Hits hari ini 660

  • Total pengunjung 125164

  • IP Anda 3.231.228.109