Melatih Pikiran Untuk Berpikir Positif


Rzy
12 Agu 2017, 20:20:17 WIB
Melatih Pikiran Untuk Berpikir Positif

Hai orang-rang yang beriman, jauhilah kebanyakan dari prasangka. Sesungguhnya sebagian dari prasangka itu adalah dosa dan janganlah kami mencari-cari kesalahan orang lain. Apabila ada di antara kamu yang duka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Tentu kamu merasa jijik. Dan bertaqwalah kepada Allah, sungguh Allah maha penerima taubat, maha penyayang. (QS. Al-Hujarat:12) 

 

Pikiran positif selalu melahirkan energi positif, sikap positif, dan akhirnya akan tercermin pada tindakan dan perilaku positif juga. Begitu pentingnya sikap positif bagi kebaikan manusia sehigga Allah pun menekankan hal tersebut dalam ayat diatas

 

Berpikir positif terhadap makhluk akan menciptakan kedamaian dalam bermasyarakat. Kehidupan akan terasa harmonis jauh dari pertikaian dan saling tuduh .

 

Berpikir positif pada Allah akan berpengaruh positif terhadap orientasi hidup dan jalan hidup kita. Selalu berbaik sangka (berfikir positif) kepada Allah, maka Allah pun akan selalu berperilaku positif terhadap kita (atau lebih tepatnya kita senantiasa merasa bahwa Allah telah memberikan yang terbaik bagi kita). Allah sendiri yang telah mewahyukan pada Rasulullah saw dalam hadis qudsi Nya yang Dia (Allah) Sesuai dengan prasangka hamba-Nya.

" Aku tergantung bagaimana cara hambaku memandang"  (Hadis Qudsi)

Hal ini bermakna bahwa ketika  kita berprasangka baik (Positif Thinking) pada Allah, Allah pun akan memberi ketetapan yang baik untuk kita. Sebaliknya ketika kita berprasangka buruk Terhadap Allah, seperti yang kita pikirkan itu juga Allah mewarnai kehidupan kita.

 

Sungguh Allah sesuai dengan prasangka kita. Sunnatullah itu berjalan mengikuti arah pikiran kita. Berpikir positif terhadap Allah menggiring hati dan pikiran kita kearah yang positif. Berfikir positif membuat hidup lebih tenang, tidak mudah stres, dan hidup lebih bersemangat.

 

Yuk, Lawan pikiran negatif, kembangkan pikiran positif, dan rasakan betapa Allah maha adil terhadap kita.

Ada beberapa tips untuk melatih pikiran agar selalu positif :

  1. Awali dengan sengaja untuk membiasakan diri berpikir positif seburuk apapun kondisi yang sedang dihadapi
  2. Menanggapi setiap informasi dengan positif
  3. Berkumpul dengan orang-orang yang selalu berpikiran positif
  4. Tidak Membiarkan orang-orang yang berpikiran negatif menguasai dan mempengaruhi pikiran kita
  5. Sibukkan pikiran dengan hal-hal positif, penting dan bermanfaat
  6. Yakini bahwa Alah punya rencana dan setiap rencana Allah adalah yang terbaik bagi kita
  7. Belajar mensyukuri setiap ketetapan Allah, walau ketetapan itu bertentangan dengan keinginan nafsu

 

Semoga bermanfaat.... !!!

Sumber : diambil dari buku "Ketika Allah Tidak Adil" by Aura Husna

 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook