Manajemen Limbah RS Perlu Perhatian Khusus


crew
13 Des 2018, 20:53:16 WIB
Manajemen Limbah RS Perlu Perhatian Khusus

Keterangan Gambar : Istimewa.


AmperaNews-- Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) Daerah Sumsel menggelar workshop manajemen limbah dan laundry serta peran serta Humas rumah sakit dalam menjaga mutu dan keselamatan pasien di Ballroom Hotel Santika Premiere Bandara pada Kamis, (13/12/18).

Dirjen Yankes Kemenkes RI, dr Bambang Wibowo, Sp.OG (K), MARS didampingi dr. Syahril, SpP. MPH memukul gong untuk membuka acara yang diikuti oleh perwakilan dari sejumlah fasilitas kesehatan se-Sumatera Selatan.

Menurut Bambang, Humas dari setiap fasilitas kesehatan merupakan peninjau utama dalam tata kelola keselamatan pasien dan sanitasi hygiene.

"Seluruh komponen SDM di rumah sakit dan Puskesmas menjadi tolak ukur keberhasilan standar kesehatan yang akan dicapai. Hal ini tak lepas dari peran Bagian Humas masing-masing faskes," ujarnya.

Lebih jauh, beliau juga menyatakan dukungan dari Dinas Kesehatan dan PERSI sebagai lintas sektor terkait berkontribusi penting dalam mewujudkan sistem pengelolaan limbah dan laundry yang berjalan sesuai aturan yang berlaku.

"Keselamatan itu yang terpenting. Saat bekerja kita juga harus ingat di rumah ada keluarga yang menunggu. Kalau kita pulang membawa bakteri dan kuman dari rumah sakit, maka keluarga kita sendirilah yang terancam bahaya," ungkap Bambang.

Dalam sambutannya, Dirut RSMH Palembang juga Ketua Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) Daerah Sumsel, dr. M Syahril, SpP. MPH menyatakan, pengelolaan limbah dan laundry di rumah sakit menjadi salah satu poin prioritas yang harus difollow up secara berkelanjutan.

"Bukan hanya keselamatan pasien, pelayan kesehatan pun berhak mendapatkan jaminan keselamatan dan kesehatan," tambahnya.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook