Kokohkan Silaturahim, Bedah Isu Keseteraan Gender


crew
07 Des 2017, 05:45:56 WIB
Kokohkan Silaturahim, Bedah Isu Keseteraan Gender

Keterangan Gambar : IST


Palembang--   Tiga organisasi kemahasiswaan  Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Kesatuan Aksi Mhasiswa Muslim.Indonesia (KAMMI), Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Wati (Immwati) cabang UIN Raden Fatah mengupas materi Kesetaraan Gender dalam Bidang Politik dan Pendidikan di halaman Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembang.

Kajian itu diikuti 40 orang peserta dengan menghadirkan tiga orang pemantik diskusi yang menjadi perwakilan dari organisasi masing-masing. Mereka adalah Fety Vera, S.E.I (HMI), Siti Qoriah Sdm (KAMMI), dan Maita (IMM). 

Ketua pelaksana Komarila, menjelaskan bahwa tujuan kegiatan ini adalah untuk mengokohkan silaturahim antar organisasi pergerakan dan menghidupkan kembali budaya diskusi di kalangan mahasiswa.

Pembahasan kesetaraan gender menjadi isu hangat mahasiswa. Terlebih lagi membahas bidang politik dan pendidikan. Dalam materinya, Fety mengutarakan bahwa gender merupakan hasil konstruksi berpikir yang dipengaruhi oleh waktu, kondisi, dan zaman. 

"Tidak selamanya wanita lemah, dan tidak selamanya laki-laki kuat. Kondisi ini bisa berubah kapan pun. Sedangkan wanita dalam hal kesetaraan gender memiliki dua peran, yaitu peran domestik dan peran publik," ujarnya.

Definisi gender terurai dengan sangat jelas dan gamblang. Selain itu, disampaikan juga bagaimana peran wanita dalam lintasan sejarah oleh pemantik dari KAMMI. 

"Negara Indonesia adalah negara hukum. Yang menjunjung tinggi Hak asasi manusia. Hal ini diatur dalam konstitusi negara Indonesia yaitu dalam Pasal 27 ayat (1) UUD 1945. Dan Islam memberikan kedudukan yang sama terhadap laki-laki dan perempuan dalam beramal Sholih. Artinya tidak ada diskriminasi kebebasan antara laki-laki dan perempuan sepanjang berada dalam koridor iktikad yang baik," papar Siti Qoriah.

Dalam hal wanita memimpin, Maita menjelaskan bahwa Muhammadiyah memberikan pandangan bahwa wanita berhak untuk ikut serta dalam ranah kepemimpinan.

Kegiatan ini berlangsung dengan sangat menarik dan membawa jalan diskusi dengan sempurna sehingga muncul banyak pertanyaan dari peserta.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook