Jelang Pencoblosan Harno-Fitri Tak Terkejar, Akbar-Hernoe Kalahkan Sarimuda-Rozak


crew
22 Jun 2018, 07:49:15 WIB
Jelang Pencoblosan Harno-Fitri Tak Terkejar, Akbar-Hernoe Kalahkan Sarimuda-Rozak

Keterangan Gambar : Braja Network


PALEMBANG– Dinamika perolehan suara pada Pilkada kota Palembang semakin ketat kurang dari sepekan mendekati pemungutan suara, 27 Juni nanti. Lembaga Survei Braja Network merilis semua kandidat berpeluang dan pemenangnya nanti justru ditentukan oleh kandidat yang bisa meraih suara pemilih mengambang atau swing voters.

Direktur Braja Network, G Wisnu mengatakan dalam survei yang dilaksanakan pada periode tanggal 09-14 Juni 2018, melibatkan 400 Responden yang tersebar di 18 kecamatan se- Kota Palembang dengan Metode Stratified Random Sampling pemilih mengambang masih cukup tinggi mencapai 14,50 persen.

Adapun Elektabilitas masing-masing pasangan calon, incumbent Harnojoyo-Fitrianti masih unggul di angka 27,50 persen, Akbar-Hernoe (23,50 persen), Sarimuda-Rozak (19,50 persen) dan Mularis-Sayididina Ali (15,00 persen).

“Jika Melihat pemilihan kurang 6 hari lagi, dengan selisih yang tidak jauh, dan suara mengambang masih 14,50 persen belum memutuskan, maka semua pasangan calon walikota dan wakil walikota Palembang masih sama-sama berpeluang besar memenangkan pertarungan,” ungkapnya.

Dijelaskannya ada progres yang menarik dalam Pilkada Palembang dimana pasangan independen mendapatkan respon yang positif sehingga bisa menyalip elektabilitas pasangan Sarimuda-Rozak dan mengejar elektabilitas incumbent, Harno-Fitri.

“Suara Akhor terjadi peningkatan yang signifikan karena faktor penyatuan tim Dodi-Giri dengan Akbar-Hernoe. Selain itu, masifnya distribusi Kartu KPK menjadi program unggulan yang digandrungi banyak pemilih yang notabennya anak-anak muda, ibu-ibu dan pemilih perempuan pada umumnya,” ungkap Wahyu.

Sementara suara Sarimuda-Rozak, lanjutnya, mengalami penurunan karena faktor keterwakilan perempuan (Gadis dan ibu-ibu) kurang disentuh/kurang gebrakan saat akhir masa kampanye.

“Semua pasangan calon masih memiliki peluang yang sama besar karena selisih antara pasangan calon tidak terlalu jauh,” paparnya.

Dalam temuan survey juga diketahui tingkat pengetahuan masyarakat sudah cukup besar, terkait jadwal Pilwako Palembang 2018. Artinya KPU sukses dalam hal sosialisasi kepada masyarakat.

“Tingkat Partisipasi sebesar 72,00% masih bersifat prediktif, belum final, ini menjadi catatan khusus untuk KPU agar bisa mengantisipasi jumlah Golput yang tinggi saat pemilihan nanti,” tukasnya.(PN)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook