Jelang Asian Games, 18.818 Pempek Bakal Pecahkan Rekor Muri


crew
02 Agu 2018, 16:04:26 WIB
Jelang Asian Games, 18.818 Pempek Bakal Pecahkan Rekor Muri

Palembang-- Untuk menyambut pesta/ perhelatan Asian games 2018 di Palembang, masyarakat palembang pada tanggal 8 agustus 2018 mendatang disambut dengan penyajian 18.818 porsi pempek yang akan dilaksanakan di Benteng Kuto Besak (BKB).

Acara ini ditargetkan bisa memecahkan rekor Muri,” kata Isnaini Madani, kepala Dinas Pariwisata kota Palembang, Rabu,1 Agustus 2018. Menurut Isnaini segala keperluan saat ini sedang dimatangkan penyelenggara, diantaranya melalui kegiatan Technical Meeting pemecahan Rekor MURI Sajian Pempek Ber SNI Terbanyak (18.818 Buah) yang dilaksanakan di ruang Rapat parameswara setda kota Palembang.

“Jumlah yang akan disajikan sesuai dengan tanggal pembukaan Asian Games dan Pemerintah Kota Palembang, “ Ujar Asisten III Bidang Administrasi Umum, Agus Kelana, Rabu (1/8/2018) seusai menggelar Rapat Persiapan Di ruang Parameswara Pemkot Palembang.

Dari 18.818 pempek, nantinya 1000 pempek yang tersedia akan dinikmati oleh 1000 orang secara gratis yang sudah mendaftar secara online yang tentunya sudah dipilih oleh panitia, sampai dengan sekarang terdapat 1400 orang yang sudah mendaftar, selanjutnya 1400 orang tersebut akan dipilih lagi oleh panitia, kemudian sisa pempek akan dibagikan ke pantiasuhan, pesantren dan sekolah- sekolah yang ada di kota palembang.

Tersedia empat jeis pempek seperti pempek lenjer, telur, adaan dan kerupuk, pempek ini nantinya akan dibuat oleh 50 pengusaha pempek.

Untuk menyemarakkan pelaksanaan rekor muri ini juga didukung oleh berbagai kegiatan, ujar isnaini madani, diantaranya, kegiatan kesenian berupa tarian tepak, tari tanggai massal yang beranggotakan 73 penari . "Angka 73 ini bertepatan dengan hari ulang tahun kemerdekaan RI," katanya.

Selain itu juga, disiapkan hiburan rakyat berupa parade perahu motor hias, layang-layang, dan festival aneka permainan tradisional. Tidak hanya rakyat biasa, para pejabat juga dapat mengikuti permainan anak tradisional seperti cek engkleng, gerobak sodor. Pada siang hari nantinya juga akan digelar festival layang yang akan diikuti pejabat yang hadir seperti menteri pariwisata, menteri keuangan, menteri perdagangan dan menteri perindustrian.

Isnaini yakin acara tersebut dapat menyedot ribuan wisatawan lokal maupun dari luar negeri. " Semua sajian kami jamin berstandar SNI aman dan sehat.”

Wakil Ketua Badan Promosi Pariwisata Sumatera Selatan Herlan Asfiudin mengatakan selain pemecahan rekor MURI oleh pengrajin pempek tersebut, akan ada juga gelaran belanja diskon menyambut Asian Games, kemudian ada acara wisata baik di tengah kota maupun diluar Palembang. "Kami sudah sangat siap karena sejak awal tahun kami mulai berbenah," kata dia.

Kota pempek ini memasang target tinggi untuk kunjungan wisata, yaitu 3,5 juta pengunjung Target tersebut dinilai relevan melihat kondisi destinasi wisata di daerah itu. Apalagi sejak satu tahun terakhir negara-negara peserta Asian Games juga ikut mempromosikan Jakarta dan Palembang sebagai tuan rumah Asian Games. Bahkan pada siang hari akan digelar festival layang yang akan diikuti penjabat yang hadir seperti menteri pariwisata, menteri keuangan, menteri perdagangan dan menteri perindustrian. (Tribun/ Rzp)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook