Ini Jenis Makanan yang Harus Dikonsumsi Saat Demam dan Batuk


AmperaNews
17 Mei 2018, 10:51:37 WIB
Ini Jenis Makanan yang Harus Dikonsumsi Saat Demam dan Batuk

Keterangan Gambar : IST


Tipe-tipe makanan berbeda dapat melawan berbagai tipe-tipe penyakit lho!

Hidung tersumbat, batuk-batuk, dan sakit tenggorokan adalah gejala-gejala umum seseorang yang sedang menderita demam dan flu. Beberapa makanan-makanan di bawah ini dapat membantu seseorang yang sedang menderita demam dan flu untuk meringankan hidung tersumbat dan peradangan. Selain itu, makanan-makanan ini juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

1. Teh Herbal

Pada saat anda sedang menderita pilek dan demam, sangat dianjurkan untuk tetap menjaga kondisi cairan tubuh. Teh herbal adalah minuman yang menyegarkan dan juga menghirup kehangatan tehnya dapat membantu melegakan hidung tersumbat. Menambahkan kunyit tanah pada teh herbal anda juga dapat membantu meredakan sakit tenggorokan yang sedang anda derita. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa sebuah kunyit tanah mengandung anti radang tenggorokan dan bahan-bahan antiseptik.

2. Madu

Sakit tenggorokan dapat diakibatkan oleh infeksi dari bakteri. Madu kaya akan antimikroba yang dapat membantu mengatasi infeksi yang terjadi di tenggorokan anda. Madu juga terbukti efektif dalam mengatasi batuk-batuk pada anak-anak, namun madu tidak boleh diberikan kepada bayi berumur dibawah 12 bulan.

3. Buah-buah sitrus dan buah-buah beri

Buah sitrus seperti buah jeruk, buah lemon, dan buah anggur kaya akan kandungan flavonoid dan Vitamin C. Komponen-komponen ini dapat mengatasi peradangan dan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang artinya buah-buahan ini dapat membantu dalam mengatasi demam.

4. Bawang Putih

Bawang putih telah terbukti dapat mencegah pilek bila dikonsumsi secara teratur. Ini dikarenakan bawang putih mengandung komponen-komponen yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Maka dari itu, mengkonsumsi bawang putih ketika sedang menderita pilek sangat dianjurkan entah mengkonsumsinya secara mentah atau dicampur dengan makanan lainnya.

5. Ikan

Mengkonsumsi daging ikan ketika sedang menderita demam sangat dianjurkan karena ikan kaya akan lemak omega-3. Komponen-komponen ini dapat mengurangi peradangan pada tenggorokan dan dapat mencegah sistem kekebalan tubuh anda berfungsi tidak baik.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook