Hidup Sehat di Zaman Digital


crew
12 Jan 2019, 13:17:05 WIB
Hidup Sehat di Zaman Digital

Sebagian orang menghabiskan waktu berjam-jam di didepan komputer saat bekerja, membuka handphone, berselancar internet, menonton televisi dan ada juga seharian main game online. Rasanya sulit bagi kita untuk meninggalkannya. bahkan yang lebih parah, habis salam ketika shalat bukannya berdzikir malah buka gadget. 


Rasa-rasanya kalau jauh dari gadget kita seperti orang kebinggungan, bener tidak? kebanyakan kita seakan tidak berfungsi kalau hidup tanpa gadget. 


Sebuah studi yang dirilis dalam situs networkwold.com yang menyebutkan bahwa sebagian besar pengguna gadget telah menyentuh hadphone sebanyak 2. 617 kali dalam sehari dan jumlah terbanyak mencapai 5.427 kali sehari bagi pengguna yang sudah kecanduan gadget. 
tidak bisa dipungkiri bahwa saat ini obsesi terhadap dunia digital sangat luar biasa. 


 Orang bijak mengatakan, "pergaulilah dengan baik orang di sekitar anda" tapi rasanya ungkapan ini sudah asing  tatkala berhadapan dengan pecandu digital. karena mereka lebih interaktif dengan apa yang dia pegang daripada orang sekitarnya. 

lalu, melihat keadaan seperti ini, kenapa kita tidak berpikir untuk menghilangkan kecanduan gadget di zaman teknologi saat ini? 

Berikut ini rangkuman tips, beberapa langkah untuk anda yang ingin lepas dari kecanduan digital. 

1. Bikin Ruangan Khusus
Sesuatu yang ditempatkan pada ruangan khusus akan sulit kita ditemui di jam- jam biasa, sama halnya dengan Alat teknologi penyebab kecanduan digital ini, ketika kita tempatkan laptop beserta gadget termasuk TV anda pada ruangan khusus, maka anda hanya masuk ke ruangan ini takala ada hal pentingan saja.

2. Jangan Biasakan Tidur dengan Membawa Handphone
Tidur dapat mengistirahatkan fisik dan pikiran setelah seharian beraktivitas. Dan tidur berkualitas tatkala tidak ada gangguan apapun termasuk suara handphone yang sering membuat orang terbangun. 
Kini saatnya Anda letakkan perangkat  ditempat lain sebelum tidur. Jadikan tidur Anda benar-benar bekualitas.

3. Membuat Jadwal Mingguan Sehari tanpa Gadget
kini saatnya anda bulatkan tekad untuk membuat jadwal sehari bebas ponsel dan komputer. Tapi sebelumnya beritahukan ke teman dan keluarga tentang kondisi Anda yang sedang melakukan diet digital. Agar tidak mengganggu terapi Anda, kasih tahu mereka, jika ingin menghubungi Anda kalau dalam kondisi darurat saja.

4. Rencanakan Aktivitas Non-Digital Lainnya
Lakukan perencanaan  dengan lebih banyak aktivitas yang tidak mencakup terlalu banyak teknologi. Kita bisa bergabung dengan teman baik yang mempunyai visi yang sama dengan kita.

5. Hayati dalam Berinteraksi dengan Lingkungan
Saatnya Anda letakkan HP disaku dan berjalanlah dengan tegap. Mari kita mulai belajar memperbaiki pola pikir dengan menyadari apa yang terjadi disekitar kita. Termasuk bau-bauan, suara, dan pemandangan agar mempertajam panca indera kita.

6. Keluar dari Akun Media Sosial
Jika masih tidak tega menonaktifkan akun Anda, maka pertimbang terbaiknya adalah tekan keluar (log out) dari akun media social setiap kali menggunakannya. Bayangkan, jika Anda tidak keluar, Anda akan bolak-balik merogoh saku karena penasaran pada setiap pemberitahuan.

7. Nonaktifkan Notifikasi Telepon
Cara lain adalah menonaktifkan notifikasi yang tidak penting. Jika tiap detik sering terdengar bagaimana mungkin Anda akan terbebas dari kecanduan digital. Disamping Anda log out setelah menggunakan media social.

8. Jangan install aplikasi media sosial
Semenjak era Android semuanya berubah. termasuk juga fungsi utama hape yang awalnya hanya digunakan untuk telpon dan sms. Aplikasi berbasis media sosial bermunculan. Dan inilah yang menyebabkan manusia sibuk dengan dunia mayanya. 

Memang kita tidak bisa lepas dari digital, namun paling tidak kita menurunkan tensi berlebihan dalam penggunaannya. Ada skala prioritas untuk meningkatkan prod
uktif kita di dunia nyata. Dan tentu saja memperbaiki hubungan social kita di dunia nyata.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook