Guru yang Kreatif Menciptakan Siswa yang Inovatif


crew
09 Des 2018, 23:16:08 WIB
Guru yang Kreatif Menciptakan Siswa yang Inovatif

Mahasiswa Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) UIN Raden Fatah Palembang yang bernama Miftahul Jannah sedang dan telah melakukan observasi lingkungan dan keadaan kelas yang dilakukan di salah satu sekolah dasar yang berbasis islam dan sekolah tersebut termasuk sekolah unggulan yang ada di Palembang yaitu MI Adabiyah II Palembang dan direspon baik oleh pihak sekolah agar team kami bisa observasi lingkungan serta keadaan kelas yang terjadi dan untuk memenuhi tugas akhir Mata Kuliah Pengantar Kurikulum yang sudah lama ditugaskan oleh dosen pengampu Mata Kuliah tersebut serta respon baik dari sekolah yang membuat team teaching ini semangat dalam observasi tersebut, Rabu (29/11).

Observasi lingkungan dan keadaan kelas di sekolah tersebut yang dilakukan salah satu mahasiswa PGMI ini bertujuan agar dapat mengetahui lebih dalam apa saja yang perlu dipersiapkan dalam mengajar serta langsung menghasilkan program yang baik untuk sekolah yang akan dilakukan pembelajaran tersebut serta meningkatkan daya kreatifitas serta inovatif siswa dalam pembelajaran yang selama ini kurang menyenangkan dan membuat mereka bosen serta jenuh dalam pembelajaran. Selama ini yang sudah banyak terdengar di lingkungan luas bahwa lukusan dari PGMI UIN Raden Fatah Palembang itu dipandang dan sangat dinantikan karena dapat menciptakan suasana yang nyaman serta menyenangkan untuk proses belajar mengajar yang disenangi dan dinantikan oleh siswa. Lulusan PGMI UIN Raden Fatah Palembang ini biasanya menciptakan kreasi yang sangat membuat takjub serta tercengangkan para guru di sekolah serta dapat membawa mood sisiwa dari yang kurang baik dari rumah lalu diubah kepada yang lebih baik lagi. Hal tersebut merupakan awal dari perjuangan serta bekal yang akan di terapkan di lapangan ketika bekerja di sekalah tersebut.

Hal-hal yang dapat di contoh salah satunya yaitu menciptakan kondisi yang kondusif saat awal pembelajaran berlangsung, suasana yang interaktif yang dibangun guru pada saat pemberian materi untuk hari itu, serta pembelajaran yang membuakan hasil dan inovatif di akhir pembelajaran berlangsung. Siswa dapat memahami secara sepat dan tepat dengan beberapa model serta taktik pembelajaran yang menyenangkan dalam proses belajar mengajar yang selama ini menjadi momok dalam dunia pendidikan. Metode yang akan di observasi tersebut adalah Pendidikan Matematika Realistik Indonesia yang dicobakan pada anak kelas 1 madrasah ibtidaiyah tersebut dan diselingi dengan metode yang jarang dilakukan guru dalam pembelajaran seperti metode Talking Stick yang sekaligus merangkul taktik bernyanyi juga dapat meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran agar siswa lebih merasa nyaman dan sekaligis guru dapat langsung mendapatkan hasil evaluasi di dalam metode berbasis taktik tadi. Penerapan model berbasis taktik itu diterapkan oleh salah satu mahasiswa PGMI tersebut dan dia merasakan bahwa model berbasis taktik tadi dapat menciptakan suasana yang menyenangkan dan materi ajar tersampaikan dengan baik kepada siswa.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook