Guru Harus Akselerasi Diri Untuk Pengembangan Sistem Pendidikan


crew
26 Mar 2019, 13:49:46 WIB
Guru Harus Akselerasi Diri Untuk Pengembangan Sistem Pendidikan

Amperanews, Palembang-- Pemerintah Kota Palembang melalui bagian Kesejahteraan Rakyat menggelar Musyawarah Guru Mata pelajaran (MGMP) Bidang Studi Pendidikan Agama Islam Kota Palembang 2019 di Hotel Emilia Palembang pada Selasa, (26/03/19).

Kepala Bagian Kesejahteraan sekaligus penulis buku Ampera Runtuh 2020 Riza Pahlevi yang menjadi pembicara menerangkan guru seharusnya bisa saling berinovasi dengan mengembangkan potensi diri yang dimiliki masing-masing. Setiap guru sebaiknya memiliki sebuah karya yang bisa berkontribusi dalam mengembangkan sistem pendidikan di Indonesia.

"Prinsipnya adalah bagaimana kita menjadi guru yang berbeda dari yang lain. Menjadi guru yang tidak hanya sekedar mengajar, namun juga berkarya dengan mengembangkan sebuah produk yang ditekuni. Produk inilah yang nantinya akan membawa sistem pendidikan kita ke era baru yang punya inovasi," jelasnya.

Selain itu, ia menambahkan pembentukan karakter dan pembiasaan diri memang harus dipaksa dalam rangkaian pencapaian akselerasi diri. 

Hal ini kemudian dikuatkan oleh Dosen UIN Raden Fatah Palembang dr. Afriantoni yang juga pembicara dalam acara hari ini. Menurutnya, musyawarah guru selama ini sangat disayangkan tidak terlalu aktif. Padahal, agenda ini sangat efektif untuk mengembangkan potensi seorang guru. Sehingga guru tidak hanya sekedar mengajar sesuai kurikulum, namun juga dapat memiliki inisiatif dengan sendirinya untuk berinovasi terhadap sekolah.

"Kita harus memperhatikan hal apa yang penting di dalam sekolah di Kota Palembang ini. Karena kalau selama ini ya, kita memang tidak memiliki hal yang spesifik. Seharusnya dalam forum inilah ide-ide bisa dituangkan. Apa yang menjadi kegelisahan kita di pendidikan memang sudah seharusnya kita respon sedini mungkin," tandasnya.(Tim)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook