Fakta Hoax Informasi Kesehatan


Amperanewscom
17 Jan 2019, 14:25:13 WIB
Fakta Hoax Informasi Kesehatan

Amperanews-- Banyaknya hoax yang beredar seputar informasi kesehatan cukup sering membuat resah masyarakat. 

Di era digital yang perkembangan ekonominya semakin canggih kini, setiap orang bisa dengan mudahnya mengklik tombol share pada setiap postingan di media sosial, tanpa mencari tahu dulu kebenaran informasi-informasi yang beredar.

Padahal, pesatnya perkembangan teknologi juga diiringi pesatnya kemajuan upgrade ilmu pengetahuan. Setiap orang di era millenial kini semestinya mau belajar lebih banyak agar tak mudah dikelabui isu-isu negatif dan konten yang belum bisa ditilik kebenarannya.

Berikut ini, Amperanews merangkum beberapa informasi kesehatan yang telah beredar luas namun ternyata dinyatakan hoax.

1) Makan Coklat dan Mie Instant tidak boleh bersamaan.

Belum ada referensi ilmiah yang membuktikan keterkaitan antara makan coklat dan mie instant. Konsumsi dark chocolate disarankan sebab coklat mengandung beberapa unsur yang baik untuk kesehatan. 

2) Minum air dingin usai makan picu kanker

Menurut BBC Science and Nature, kedua hal ini sama sekali tidak ada hubungannya. Panas alami di perut akan membuat semua makanan yang masuk memiliki suhu yang sama ketika telah sampai di dalam tubuh. Meskipun seseorang minum es, dinginnya es tidak akan bertahan lama di lambung sehingga tidak berefek sampai memicu kanker. 

3) Vaksin HPV menyebabkan menopause

HPV atau Human Papilloma Virus merupakan vaksin yang digunakan untuk mencegah penyakit HIV. Kementrian kesehatan selalu gencar menyarankan masyarakat agar mau divaksinasi sebab penyakit HIV ini belum ditemukan obatnya hingga saat ini. Terapi yang ada hanya untuk memperpanjang masa hidup, namun tidak menghilangkan akar masalah.

dr. Elizabeth Jane Soepardi, Direktur Surveilans dan Karantina Kesehatan Kementrian Kesehatan RI menyatakan 
menopause dini terjadi jika wanita mengalaminya di bawah usia 40 tahun. Data yang ada di dunia, tidak ada bukti bahwa yang mengalami menopause dini karena imunisasi HPV. 

4) Makan sayap dan ceker ayam bisa picu kanker

dr. Ramadhan, SP.BOnk. Salah satu dokter onkologi terpercaya di Indonesia mengatakan, sampai saat ini belum ada bukti konkret yang membenarkan bahwa sayap dan ceker ayam dapat memicu kanker.

Fakta sebenarnya yang terjadi ialah, pada beberapa oknum peternak ayam yang menggunakan suntik hormon agar ayam yang dihasilkan berkualitas baik, menyuntikkan hormon tersebut di bagian sayap dan daerah sekitar ceker. Oleh karena saat ayam dipotong hormon tersebut masih tertinggal dalam kulit luar ayam dan ikut termakan manusia, maka  pada beberapa kasus menyebkan munculnya kanker.

5) menusuk jari dengan jarum, pertolongan pertama penderita stroke.

Dari beberapa literatur, kedua hal ini tidak berhubungan sama sekali. Stroke merupakan suatu keadaan dimana terdapat sesuatu yang menyumbat peredaran darah sehingga aliran darah tak dapat beregulasi dengan baik. Sumbatan ini yang menyebabkan beberapa anggota tubuh lain akhirnya mengalami kekakuan sehingga tidak dapat digerakkan.

Menusuk jari dengan jarum yang diasumsikan dapat mendorong darah agar kembali lancar bukanlah solusi yang tepat. Sirkulasi darah tidak terpusat di ruas jari. Peredaran darah melewati banyak titik, dan sumbatan yang menyebabkan stroke juga bisa terjadi di banyak titik lain sehingga menusuk jari dengan jarum tidak dapat dikaitkan sebagai solusi.

6) Sehabis sunat dilarang makan telur dan ayam.

Informasi ini sering kita dapatkan dari para tetua atau nenek kakek kita. Hampir semua menyatakan tidak diperbolehkan. Padahal, jika ditilik lagi dari sisi medis dan ilmu kesehatan modern, seseorang dengan luka sunat seharusnya mengonsumsi banyak protein hewani agar sel-sel yang luka lebih cepat pulih dan dapat beraktivitas seperti biasa. Protein hewani tersebut banyak ditemukan di ayam, ikan, dan telur. Oleh karena itu, seharusnya seorang anak yang telah disunat diberi makanan yang bergizi setiap hari.

Nah, itulah tadi beberapa informasi kesehatan yang ternyata setelah ditelusuri merupakan hoax belaka. Semoga bermanfaat.


Teks.  : Anisa
Editor : Arif




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Iklan Business

STATISTIK PENGUNJUNG

  • User Online 3

  • Today Visitor 378

  • Hits hari ini 718

  • Total pengunjung 125183

  • IP Anda 3.231.228.109