Coba Stop Sejenak Dari Medsos, Ini Manfaatnya


crew
16 Jan 2019, 21:29:48 WIB
Coba Stop Sejenak Dari Medsos, Ini Manfaatnya


Amperanews-- Sebelum era media sosial, kehidupan serasa lebih hidup, kita masih terikat hubungan dengan keluarga dan teman-teman kita. Tidak ada bahasa isyarat antar dua insan yang berdekatan. Semua menggunakan bahasa verbal dengan menambahkan bahasa non verbal disaat tertentu. 

Sebelum Mark Zuckerberg membuat Facebook, ribuan kata yang kita dengar secara langsung setiap hari masih aktif. Saat ini pun ribuan kata itu masih terdengar tetapi tidak secara langsung dan tak jarang tidak tahu sumber kata itu dari mana. Seakan semuanya sudah paham bahasa hati. 

Sebelum adanya media sosial, kehidupan ini serasa lebih hidup, langit masih biru, dan matahari masih bersinar terang.
Namun kini, seiring dengan meningkatnya pengguna media sosial,jika seandainya kita putus dengan media sosial rasanya kehidupan akan berhenti.

Tidak ada yang salah, ketika kita coba untuk vakum sejenak dari media sosial, merasakan kembali kondisi hidup sebelum era media sosial ini, atau paling tidak mengurangi pemakaian media sosial agar tidak ketergantungan.

Berikut ini ialah 6 manfaat yang akan Anda rasakan jika mau belajar mengurangi penggunaan media sosial.

1. Yakinlah, Anda akan lebih bahagia dan lebih menikmati Kehidupan. 

Pada media sosial, semua orang posting gambar pada saat-saat terbaik saja. Sangat jarang orang menampilkan momen buruk untuk diperlihatkan kepada orang lain. 

Dalam realita, media sosial menjadi sarana yang sangat mudah untuk membandingkan hidup Anda dengan orang lain sehingga Anda akan meremehkan diri sendiri. Kita ingin menjadi seperti orang lain, kita suka dengan gaya mereka, kita iri pada hal-hal yang tampak pada mereka di media sosial. Seakan mereka menjadi perbandingan hidup yang hanya Nampak pada sebuah foto dan kata-kata.

Kesimpulannya, kita tidak bisa membanding-bandingkan kehidupan nyata ini dengan melihat media sosial. Dengan mengurangi penggunaannya, kita bisa meminimalisir efek pembandingan ini.

2. Anda akan memiliki hubungan yang lebih baik dengan keluarga dan teman-teman.

Seberapa sering Anda menemukan diri Anda di media sosial sementara orang-orang nyata di sekitar Anda pergi tanpa diketahui?

Seberapa sering Anda mendapati diri Anda membuka media sosial dibanding berbicara dengan manusia di sebelah Anda?

Sosial media mengklaim mampu menghubungkan Anda dengan keluarga dan teman-teman, namun pada kenyataannya Anda malah terputus dari mereka. Ketika Anda putus dengan media sosial, Anda akan menyadari bahwa menelepon, berbicara, dan silaturahim tanpa gangguan media sosial adalah cara yang paling bagus untuk ikatan batin pada keluarga dan teman-teman.


3. Pastinya, Anda akan lebih produktif.

Niat hati ingin beberapa menit melihat status media sosial nyatanya bisa berubah menjadi 2 jam. Apakah ini tidak membuang waktu emas kita?

Banyak yang bisa dilakukan daripada memantengi status media sosial seseorang. Anda akan menemukan cara untuk membuat cita-cita Anda lebih nyata. Anda benar-benar dapat menginvestasikan waktu demi mewujudkan cita-cita itu.

4. Anda akan menghargai hidup.

Putus dengan media sosial akan membiarkan Anda melihat realitas dunia. Anda akan lebih bersyukur atas hidup Anda saat ini dan bukannya cemburu dan iri pada kehidupan orang lain di media sosial. Anda akan menyadari bahwa hidup Anda penuh tantangan.

4. Anda akan melihat betapa indahnya dunia ini.

Panca indera ini benar-benar mampu memvisualisasikan apa yang kita lihat di dunia ini daripada hanya sebuah gambar yang tidak bisa diraba, dirasakan dan disentuh.

Kami yakin, anda bisa mengetahui keindahan dunia ketika benar-benar melihat dengan nyata. Daripada menghabiskan sebagian besar waktu itu di media sosial, kita bisa menghabiskan untuk mengunjungi pantai, hutan, dan alam.

5. Anda akan menjadi inovatif.

Ketika Anda terus-menerus terganggu oleh media sosial, otak Anda akan tertutup dari masalah kehidupan nyata dan Anda menjadi kurang inovatif. Ketika Anda putus dengan media sosial, Anda bisa meningkatkan cara berpikir Anda yang lebih realistis


6. Anda akan lebih pintar dan bijaksana.

Ketika Anda log out dari media sosial dan masuk ke kehidupan nyata, Anda akan menghabiskan waktu Anda dengan bijaksana pada hal-hal yang bermanfaat. Seperti membaca buku dan membaca web-web bermanfaat yang mampu meningkatkan kehidupan, memperkaya pengetahuan dan membuat Anda menjadi orang yang lebih baik.

Cobalah padatkan hari-hari dengan mengurangi aktivitas media sosial. Saatnya Anda memperdayakan waktu dengan banyak belajar.Maka engkau akan memetik manisnya buah di kemudian hari.

Teks : Rani
Editor: Arif




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook