Belum Ke Palembang Jika Belum Cicip 5 Makanan Ini


crew
20 Jan 2019, 21:09:23 WIB
Belum Ke Palembang Jika Belum Cicip 5 Makanan Ini

Amperanews.com-- Rasanya tidak lengkap jika berwisata ke daerah baru tanpa mencicipi makanan khasnya. Umumnya, setiap daerah memiliki menu khas yang bisa menggoda mata dengan tampilannya dan menggoda lidah lantaran rasanya.

Ada beragam makanan khas dan tempat favorit di berbagai kota untuk dikunjungi, termasuk kota Palembang. Kota yang terkenal kental akan budaya melayunya ini memiliki berbagai macam kuliner yang khas dengan bumbu dan rempah- rempah yang melimpah di setiap makanannya. Berikut 5 makanan khas Kota Palembang yang wajib dicicip ketika berkunjung ke kota tertua di Indonesia ini.

1. Pempek
Selain menjadi makanan khas Kota Palembang, pempek sudah menjadi makanan nasional di Indonesia yang wajib dicoba oleh wisatawan saat berkunjung ke Kota Palembang. Makanan berbahan dasar ikan dan campuran tepung tapioka (sagu) ini disajikan dengan digoreng terlebih dahulu. Setelah digoreng, pempek lebih nikmat jika disantap dengan kuah cuko. Makanan yang memiliki rasa gurih dan pedas ini mudah ditemui di setiap sudut Kota Palembang, mulai dari pedagang kaki lima hingga di kompleks pertokoan dan pusat perbelanjaan.

Pusat penjualan pempek sendiri berada di daerah 26 ilir, yang menyediakan berbagai macam jenis pempek, dan harganya pun sangat terjangkau. Salah satu tempat makan pempek yang terkenal di Kota Palembang adalah Pempek Saga Sudi Mampir yang telah berdiri sejak tahun 1961, yang beralamat di Jl. Merdeka, 22 Ilir, Bukit Kecil, Kota Palembang.

2. Pindang
Pindang adalah makanan yang identik dengan kuah manis, asam, dan pedas ini juga wajib dicoba ketika berkunjung ke kota Palembang. Ada dua jenis pindang yang dapat dinikmati, yaitu pindang ikan dan pindang tulang. Untuk pindang ikan, orang Palembang biasanya menggunakan ikan sungai. Seperti ikan baung sungai dan ikan patin. Kuah Pindang ikan sendiri terbuat dari bawang merah, cabe, kunyit, dan nanas yang membuat kuahnya lebih sedikit asam dan segar.

Untuk pindang tulang, bahan dasarnya sendiri adalah iga sapi yang dicampur dengan potongan daging dan tetelan. Kuah pindang tulang sedikit berbeda dari pindang ikan. Rasa kuah pindang tulang lebih pedas dan berminyak, dan warnanya cenderung merah kecokelatan.
Warung makan pindang yang selalu ramai pengunjung di Kota Palembang adalah warung pindang Mang Joel yang berdiri sejak tahun 1960-an. Beralamat di Jl. Dr. M. Isa No.242, Duku, Ilir Tim. II, Kota Palembang.

3. Mie Celor
Kota Palembang juga memiliki makanan berbahan dasar mie yang khas, yaitu mie celor. Mie celor merupakan makanan berbahan dasar mie tebal yang dicelor (dicelupkan kedalam air yang mendidih beberapa kali) dan disajikan dengan kuah santan yang telah di campur dengan kaldu udang, serta toge, telur, daun seledri, potongan daging udang, dan ditaburi bawang goreng diatasnya.

Warung mie celor H. Syafei 26 ilir yang telah berdiri sejak tahun 1965 bisa menjadi salah satu tempat untuk menyantap mie celor. Warung mie yang beralamat di pasar 26 ilir di Jl. KH. Ahmad Dahlan No.2, Talang Semut, Bukit Kecil ini merupakan warung mie celor yang wajib dicoba saat berwisata ke kota Palembang.

4. Martabak HAR
Yang kita ketahui martabak adalah makanan khas dari India. Namun Palembang memiliki versi martabaknya sendiri, yaitu Martabak HAR. Nama HAR diambil dari kepanjangan nama pemilik sekaligus pencetusnya, yaitu H. Abdul Rozak. Beliau adalah keturunan India yang telah lama menetap di Indonesia.
Martabak HAR merupakan adonan dari tepung yang di campur air dan telur yang diaduk hingga kalis, lalu di pipihkan dan dibanting agar melebar. Ketika adonannya sudah melebar mulailah di isi dengan telur ayam atau bebek yang kemudian dilipat dan digoreng dengan minyak samin.

Martabak HAR disajikan dengan kuah kari khas India dengan campuaran potongan daging kambing dan kentang. Untuk rasa pedasnya bisa ditambah dengan cabai hijau yang telah dipotong-potong dan di campur kecap asin. Martabak HAR yang berdiri sejak tahun 1971 ini wajib sekali untuk dicicipi. Salah satunya Martabak HAR di jln. Jend Sudirman.

5. Brengkes tempoyak
Satu lagi makanan khas Kota Palembang yang harus dicoba oleh wisatawan saat berkunjung ke Kota Palembang, Brengkes tempoyak. Namanya mungkin terdengar aneh di kebanyakan orang yang baru mendengarnya. Namun rasanya tidak diragukan lagi.

Brengkes tempoyak merupakan pepes ikan yang dicampur dengan tempoyak (durian yang telah difermentasi), bawang merah, cabe, kunyit, bumbu dapur, dan sedikit santan. Ikan yang biasa digunakan dalam membuat brengkes tempoyak ini adalah ikan patin. Brengkes tempoyak memiliki rasa manis, asam, legit, dan pedas.

Rasa dari tempoyak yang merupakan fermentasi durian menjadi sensasi berbeda untuk menikmati durian, terutama bagi pecinta durian. Ada banyak rumah makan yang menyajikan brengkes tempoyak, salah satunya di RM.Pindang Musi Rawas yang beralamat di Jl. Angkatan 45 No.18, Lorok Pakjo, Ilir Bar. I, Kota Palembang.

Kelima makanan di atas hanya sebagian kecil dari makanan khas Palembang yang ada. Tentu di berbagai sudut Kota Palembang masih banyak makanan yang unik dan memiliki cita rasa yang khas yang wajib dicoba untuk para wisatawan. 


Teks : Syarifah
Editor : Anisa.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook