Asesor Ahli Muda BKPSDM Palembang Masuk Tim Penilaian Kompetensi JPT Pratama Kanreg II Surabaya


Amperanews
18 Nov 2020, 09:38:50 WIB
Asesor Ahli Muda BKPSDM Palembang Masuk Tim Penilaian Kompetensi JPT Pratama Kanreg II Surabaya

Amperanews, Palembang--  Asesor Ahli Muda Kota Palembang Harisah, S.Psi. dari Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Palembang turut kontribusi sebagai utusan langsung Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) dalam pelaksanaan Penilaian Potensi dan Kompetensi JPT Pratama dan  Administrator di wilayah Kanreg II Surabaya.

Bulan sebelumnya, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Palembang telah meluluskan sepuluh calon Asesor Ahli Madya, Muda dan Pertama melalui uji kompetensi  yang dilaksanakan oleh Pusbinjak (Pusat Pembinaan Jabatan Fungsional Kepegawaian) BKN (Badan Kepegawaian Negara).

Jabatan fungsional (JF) Asesor Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur merupakan jabatan karier Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang mempunyai ruang lingkup tugas, tanggung jawab, dan wewenang untuk melaksanakan asesmen kompetensi/potensi sebagai dasar dalam praktik pengelolaan/manajemen SDM aparatur.

Dasar hukum pengaturan mengenai Jabatan Fungsional Asesor SDM Aparatur tertuang dalam Peraturan Menteri PANRB No. 39/2020 tentang Jabatan Fungsional Asesor Sumber Daya Manusia Aparatur. Peraturan ini merupakan perubahan atas PermenPANRB No. 41/2012 tentang JF Asesor SDM Aparatur dan Angka Kreditnya.

Kepala Bidang Pengembangan dan Kepangkatan BKPSDM Palembang Pratama Rayan Suari, SH., M. Si menyatakan Kelulusan Asesor ini merupakan yang pertama dalam lingkup BKN Regional VII.

Terkait permohonan surat bantuan JF Asesor yang disampaikan oleh BKN Regional VII Palembang agar Asesor SDM Aparatur Kota Palembang dapat membantu pelaksanaan penilaian potensi dan kompetensi. Pratama menyampaikan siap berkoordinasi dengan BKN dan instansi lainnya untuk pelaksanaan asessment.

“Baru-baru ini Asesor SDM kita diminta bantuan oleh BKN Regional VII melaksanakan penilaian potensi dan kompetensi JPT (Jabatan Pimpinan Tinggi) dan Administrator di Kota Surabaya dan Pekanbaru," katanya.

Hal ini merupakan salah satu kebanggaan bagi BKPSDM Kota Palembang khususnya dan Pemerintah Kota Palembang pada umumnya, sebab Asesor SDM di BKPSDM Palembang dipercaya untuk menilai kompetensi JPT dan Administrator di Pemerintah Kota Surabaya dan Kota Pekanbaru.

Pratama juga mengungkapkan bahwa saat ini jumlah JF Asesor SDM Aparatur di Indonesia masih sangat sedikit, yaitu sekitar 197 orang (berdasarkan Kemenpan RB). Menurutnya jumlah ini sangat sedikit dan tidak sebanding dengan kebutuhan pelaksanaan assessment di seluruh instansi pemerintah.

“Jadi, alhamdulillah kalau teman-teman di Kota Palembang berminat untuk beralih jabatan menjadi JF Asesor, berarti dapat mengcover kebutuhan pelaksanaan assessment di instansi pemerintah Kota Palembang,” ungkapnya.



 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook