Al Quran Al Akbar Wisata Halal yang Edukatif


Amperanewscom
12 Jan 2019, 10:29:51 WIB
Al Quran Al Akbar Wisata Halal yang Edukatif

Palembang, AmperaNews.com-- Setelah mendapat penghargaan sebagai juara pertama wisata religi terpopuler Anugrah Pesona Indonesia (API) 2018 dari Kementerian Pariwisata Republik Indonesia (RI), nama Al-Quran Al Akbar kini semakin dikenal oleh masyarakat luas, khususnya warga Kota Palembang.

Al-Qur'an Al-Akbar dinilai memiliki pengaruh besar dalam pengembangan karakter siswa, khususnya bagi sekolah-sekolah yang pernah mengadakan kunjungan edukasi ke sana.

Menurut Ketua Kementrian Agama Kota Palembang H.Deny Priansyah, Al Qur'an Al-Akbar patut diapresiasi sebab telah membawa banyak pengaruh baik ke pengunjung yang hadir.

"Al Qur'an Akbar kalau dijadikan wisata religi bagus. Kita kan melihat Al-qur'an saja sudah berpahala, apalagi memaknai isi dan hakikatnya. Kalau berkunjung ke Qur'an Akbar, kita juga bisa sekalian muhasabah agar lebih dekat dengan Allah. Selain itu, upaya pemerintah ingin mewujudkan Palembang Emas Darussalam, nah kriteria darussalam itu salah satunya ialah pemenuhan wisata religi," ujarnya saat dihubungi Amperanews pada Jum'at, (11/01/19).

Lebih lanjut, Deny juga menyatakan Kemenag memang telah memberikan himbauan ke sekolah-sekolah di Kota Palembang perihal wacana program edukasi religi secara berkala untuk pengembangan karakter siswa.

"Kami ada rencana menjadikan Al Quran akbar ini sebagai wisata religi untuk program edukasi religi tetap kedepannya. Selama ini kami memang sudah memberikan himbauan, kalau sekolah-sekolah libur atau untuk ekstrakurikulernya daripada anak-anak berkunjung ke tempat yang tidak berfaedah, lebih baik adakan kunjungan ke Al Qur'an Akbar," imbuhnya.

Salah satu sekolah yang memiliki program kunjungan edukasi wisata religi ialah Madrasah Aliyah IGM Al Ihsaniyah Gandus. 
 
"Al Quran Akbar bagus dijadikan lokasi edukasi wisata religi, dengan begitu anak-anak jadi tahu bahwa Al Qur'an penting sebagai pegangan hidup agar kita bisa senantiasa ingat dengan Allah dan bahagia dunia akhirat," ungkap Kgs. Herriansyah, Waka Kesiswaan Madrasah Aliyah Al Ihsaniyah dikutip dari penelitian Farouq, 2018.

Beliau juga menambahkan, wisata edukasi religi Al Qur'an Akbar memiliki dampak yang sangat besar dalam memaknai nilai-nilai agama bagi murid-murid di sekolahnya. 

"Dampaknya sangat besar bagi murid. Karena bagi mereka ini, selain melihat, mentelaah dan mengkaji makna Al-Qur'an, mereka melihat secara  langsung  berbagai macam karakter  manusia yang datang ke Al-qur’an ini. Menemui bermacam orang dengan karakter berbeda-beda, akan membuat anak-anak menjadi semakin bijak," ujarnya.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Iklan Business

STATISTIK PENGUNJUNG

  • User Online 2

  • Today Visitor 384

  • Hits hari ini 784

  • Total pengunjung 125189

  • IP Anda 3.231.228.109