Air Berbau Karat, Ini cara Warga Kelurahan Suka Mulya Mandi dan Cuci


Amperanewscom
09 Jan 2019, 09:18:04 WIB
Air Berbau Karat, Ini cara Warga Kelurahan Suka Mulya Mandi dan Cuci

Palembang, AmperaNews.com-- Sejumlah warga di Kelurahan Suka Mulya Kecamatan Sematang Borang Palembang mengeluhkan kesulitan air bersih di wilayah sekitar tempat tinggal.

"Di sini airnya bau karat. Kalau dipakai untuk mencuci, bajunya jadi kuning. Untuk minum juga nggak memungkinkan," ungkap Novi (32) salah satu warga di kelurahan Suka Mulya saat diwawancarai oleh AmperaNews pada Selasa sore, (08/01/2019).

Menurut warga sekitar, air berbau karat disebabkan kadar besi yang tinggi pada air di rawa-rawa sekitar pemukiman.

Sementara itu, RT setempat yang telah  berkoordinasi dengan PDAM menyatakan, pihak PDAM masih butuh waktu analisis jaringan dan seleksi. Hal ini guna menetapkan apakah kondisi di wilayah Suka Mulya memang memungkinkan untuk dialiri air bersih.

"Kami sedang berusaha meningkatkan pembangunan instalasi pengolahan air bersih. Tapi memang butuh waktu agar semua wilayah bisa teranalisa dengan baik. Pada tahun 2016 debit kritis, neraca air negatif sudah mendekati minus 660 liter per detik. Kalau tidak dicermati penggunaannya, kita bisa sulit air bersih suatu hari nanti," ujar pimpinan PDAM Tirta Musi Palembang. 

Lebih lanjut, masyarakat mengakui saat ini upaya yang bisa dilakukan ialah sebatas menambahkan tawas pada air sumur agar layak pakai.

"Setiap hari, air yang ditimba dari sumur diendapkan dulu di tower besar, dikasih tawas, supaya bening dan bisa dipakai mandi dan cuci. Kalau minumnya kami beli air galon. Takut sakit kalau mau minum air dari sumur," tambah Novi.

Selaras dengan Novi, Iwan (34) juga menyatakan keluh kesahnya akan kondisi air bersih yang sulit. Ia berharap sumber air bersih bisa segera masuk supaya aktivitas mck warga sekitar bisa berjalan dengan nyaman.

"Ya harapannya, pemerintah setempat lebih memperhatikan daerah sini supaya PDAM bisa cepat masuk, dan kami bisa menggunakan air bersih setiap hari," ujarnya.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Iklan Business

STATISTIK PENGUNJUNG

  • User Online 2

  • Today Visitor 109

  • Hits hari ini 139

  • Total pengunjung 124615

  • IP Anda 18.204.48.40