7 Tips Cara Menghilangkan Stres


AmperaNews
31 Okt 2017, 21:45:47 WIB
7 Tips Cara Menghilangkan Stres

Keterangan Gambar : ilustrasi : Stres


Stres merupakan suatu kondisi yang melibatkan beban rohani seseorang ketika berhadapan dengan berbagai persoalan hidup. Dengan datangnya beban rohani ini, orang tersebut harus bertindak, menyesuaikan, serta mengontrol segala sesuatunya agar seimbang. Karena stres termasuk reaksi yang normal akibat adanya tekanan hidup, maka setiap orang mulai dari yang dewasa, remaja, hingga anak-anakpun pasti akan mengalaminya.

1. Melakukan Hobi

Cara mengatasi stress berat dengan melakukan hobi yang ingin anda lakukan adalah cara paling mudah. Hobi merupakan suatu kegiatan yang dipercaya dapat menenangkan pikiran seseorang jika dilakukan. Tujuannya adalah untuk mendapatakan suatu kesenangan sehingga menjadi hiburan tersendiri bagi pikiran dan jiwa orang tersebut. Bahkan, melakukan hobi mampu membuat seseorang menjadi bersemangat setelah melakukan aktifitas yang melelahkan. Pada umumnya, hobi terbagi menjadi beberapa macam diantaranya:

2. Meditasi

Melakukan meditasi merupakan hal yang dapat mengatasi stres karena dapat membersihkan pikiran hingga mampu membuat seseorang untuk berkonsentrasi. Hal ini bisa terjadi karena meditasi mampu membuat pernapasan lebih teratur, detak jantung dan tekanan darah menjadi normal, hingga mampu menurunkan kadar hormon stres yang sebelumnya dipompa oleh kelenjar adrenalin.

3. Mandi Atau Berendam

Memanfaatkan air dengan mandi atau berendam memiliki efek yang baik untuk mengatasi stres sebab ampuh untuk penyembuhan hingga penenangan diri. Stimulus dari suasana ini, mampu mengingatkan tubuh dan pikiran seseorang kepada suasana saat berada di rahim sehingga memberikan ketenangan dan kenyamanan bagi tubuh. Agar lebih efektif, mandi atau berendam dilakukan menggunakan air hangat di bathub.

4. Berteriak

Berteriak lepas dengan suara lantang merupakan cara yang baik dilakukan untuk mengatasi stres. Saat mengalami stres, seseorang pasti merasakan ada sesuatu yang mengganjal di hati. Oleh karena itu, melepaskan perasaan tidak mengenakkan itu bisa dilakukan dengan berteriak yang tentu saja dilakukan di tempat yang luas dan sepi agar tidak mengganggu orang lain seperti di tepi pantai atau diatas tebing. Berteriak dapat dilakukan beberapa kali agar seseorang menjadi lebih rileks.

5. Rekreasi/Berlibur

Melakukan rekreasi merupakan cara yang baik untuk dilakukan untuk menghindari lingkungan negatif. Oleh karena itu, rekreasi juga merupakan kegiatan yang sangat efektif untuk mengatasi stres. Rekreasi bisa dilakukan bersama keluarga agar lebih menyenangkan. Selain itu, jalan-jalan juga ampuh untuk menghilangkan stres sebab dengan melakukan hal ini, seseorang merasa memiliki suasana hati yang rileks.

6. Seks

Melakukan seks atau berhubungan intim terhadap pasangan, ternyata efektif untuk mengurangi stres. Sebab, seks dapat menyeimbangkan kesehatan emosi dengan kesehatan mental sehingga sangat baik untuk menghilangkan stres. Bahkan, berhubungan seks dapat mengeluarkan endorfin sehingga tubuh menjadi lebih rileks dan dan segar. Selain itu, seks ternyata juga memiliki manfaat lain yang sangat baik untuk kesehatan

7. Tertawa

Tertawa ternyata membawa efek yang sangat baik untuk menghilangkan stres. Menurut beberapa penelitian, tertawa 5 hingga 10 menit dapat merangsang endorphine, serotonin dan metanonin untuk keluar. Dimana ketiga zat ini memberikan manfaat yang baik untuk otak sehingga tubuh menjadi lebih tenang. Bahkan, tertawa ini dapat menyembuhkan seseorang yang mengalami gangguan mental stres berat. Selain menghilangkan stres, tertawa juga memiliki manfaat lain seperti dapat meningkatkan sistem imun pada tubuh, dapat menurunkan tekanan darah tinggi, mampu mencegah penyakit jantung.

 

sumber : halosehat.com

 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook