6 Cara Mengembalikan Semangat Kerja Setelah Libur Panjang


AmperaNews
04 Sep 2017, 10:25:17 WIB
6 Cara Mengembalikan Semangat Kerja Setelah Libur Panjang

Liburan lebaran yang panjang telah usai, banyak diantara kita yang mengeluh menghadapi kenyataan bahwa harus kembali berkerja seperti biasa. Bahkan diantaranya dihari pertama masuk saat lebaran banyak sekali karyawan yang terlambat sampai pada kantornya. Sebenarnya, hal seperti ini juga akan mempengaruhi performa kita dalam berkerja. Jadi ada baiknya kamu, menerima kenyataan dan menjalaninya sepenuh hati untuk kembali berkerja dengan rasa semangat seperti pada hari biasanya.

 

Semua pasti setuju kalau libur panjang itu menyenangkan. Kita bisa melakukan apapun yang kita mau tanpa harus terikat waktu. Yang nggak kalah menyenangkan adalah, kita bisa pergi dari rutinitas sehari-hari yang sering menyiksa diri. Tapi entah kenapa, rasa sedih dan malas terkadang muncul tiba-tiba ketika harus kembali ke rutinitas setelah libur panjang.

 

Lakukanlah 6 tips berikut ini agar kamu kembali semangat bekerja setelah liburan.

1. Pikirkan kesenangan dalam bekerja

Dibanding dengan liburan, tentu saja bekerja adalah hal yang tidak menyenangkan, namun jika kamu menyukai pekerjaan kamu, pasti ada sisi senangnya dari pekerjaan kamu. Agar kamu bisa kembali bersemangat, pikirkanlah hal-hal menyenangkan itu. Misalnya, kamu bisa pikirkan tentang bertemu dengan teman kerjamu yang sudah lama tak bertemu. Dengan memikirkan sisi positif dari pekerjaan kamu, maka akan semakin mudah bagi kamu untuk menumbuhkan semangat kerjamu yang sudah hampir sirna itu.

2. Buat Jadwal Hari Kerja

Memiliki kegiatan yang tertata rapi akan membuat kamu lebih bersemangat dalam bekerja.Buatlah jadwal pekerjaan yang akan kamu selesaikan mulai dari hari pertama hingga beberapa minggu ke depan. Dengan begitu, kamu secara tidak langsung mulai memikirkan cara untuk menyelesaikannya dan secara tidak sengaja semangat kerjamu bisa kembali meningkat. Jika punya jadwal yang jelas, maka kamu juga memiliki tujuan kerja yang jelas dan hal itulah yang bisa memacu kamu untuk lebih bersemangat.

3. Datang Lebih Pagi

Setelah beberapa lama bermalas-malasan di rumah, kamu jadi terbiasa untuk terus malas dan bangun siang. Tapi sekarang adalah saatnya kamu bekerja, jadi tinggalkan kebiasaan itu. Caranya adalah dengan cara memaksakan diri untuk bangun dan datang lebih pagi ke tempat kerjamu. Dengan begini, kamu punya lebih banyak waktu untuk mempersiapkan diri untuk melakukan pekerjaanmu yang sudah lama ditinggalkan sehingga kamu tidak keteteran saat mengerjakannya nanti.

4. Atur Waktu Dengan Bijaksana

Pekerjaan yang menumpuk mendorong kamu untuk lembur? Jangan lakukan ini, karena bisa merusak semua hal baik yang sudah kamu ciptakan selama liburan kemarin bersama keluarga dan orang terdekatmu. Lakukan pekerjaanmu semaksimal mungkin di waktu kerja yang sudah ditentukan. Tapi ketika saatnya selesai kerja, pakailah waktu untuk memperhatikan keluargamu. Ingatlah mereka jauh lebih penting dari pekerjaanmu. Lagipula, dengan memiliki pengaturan waktu yang baik, kamu bisa semakin semangat bekerja. Kedekatan dengan keluarga seperti saat liburan akan membawa kamu untuk bisa fokus bekerja pada waktunya.

5. Coba Putar Lagu yang Memacu Semangat

Kita semua tahu bahwa mendengarkan musik akan membuat kamu jadi lebih produktif dalam berkerja. Namun, ada pengecualian dalam hal ini. Seperti musik – musik mellow yang malah akan membuat kamu enggan menjalankan aktifitas dengan baik. Cobalah mendengarkan musik-musik klasik atau musik yang dapat memacu semangat.

6. Jangan Terbawa Teman

Musim liburan memang sangat bisa membuat orang jadi malas. Mungkin teman-teman kerjamu masih bermalas-malasan pasca liburan dan ini bisa mempengaruhi kamu. Tapi jangan biarkan mereka mempengaruhi kamu, melainkan kamu yang harus pengaruhi mereka untuk semangat bekerja. Pertahankan semangat kerjamu dan jangan terbawa dengan kemalasan mereka.

 

Lakukanlah cara-cara yang telah dijelaskan diatas agar kamu bisa berkerja dengan baik dan menjalankan segala aktifitas kerja kamu dengan penuh semangat. Ingatlah bahwa banyak kewajiban yang harus kamu lakukan dengan berkerja saat ini. Jangan buat kariermu saat ini menjadi tidak bagus hanya karna liburan yang cukup panjang.

 

Sumber :

sofis.id

www.cermati.com

www.hipwee.com

 

 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook