51 Panwaslu Siap Sukseskan Pilkada Serentak 2018


AmperaNews
29 Agu 2017, 14:18:31 WIB
51 Panwaslu Siap Sukseskan Pilkada Serentak 2018

Palembang-- Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumsel Andika Pranata Jaya, S.Sos, MS.i di Ballroom Hotel Horison Ultima Jalan Jendral Sudirman Palembang melantik 51 anggota Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) dari 17 kabupaten/kota se-Sumatera Selatan (Sumsel) pada penyelenggaraan pilkada 2018 yang dihadiri dan disaksikan oleh Pimpinan Banwaslu RI, Gubernur Sumatera Selatan serta Walikota Palembang, Senin (28/8/2017).

Ketua Bawaslu Sumsel Andika Pranata Jaya S.Sos mengatakan bahwa, anggota Panwaslu ini sebelumnya telah menjalankan seleksi yang selektif oleh Bawaslu Sumsel dan setelah dilantik ke 51 orang Panwaslu kabupaten/ kota harus membaca dengan lantang fakta integritas agar mengetahui dan memahami apa tugas yang harus dijalankan, termasuk dengan pemberian bimbingan teknis. Akan diberikan oleh Bawaslu perihal pengetahuan cara melakukan pengawasan Pemilihan Umum (Pemilu) yang mungkin terjadi di saat melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada)

Menurutnya, banyak hal dan tugas yang harus dilakukan komisioner Panwaslu terpilih untuk bertugas di daerahnya masing-masing dalam rangka menghadapi Pilkada serentak mendatang. Oleh karena itu, dirinya berharap agar anggota Panwaslu bisa bersinergi demi mensukseskan Pemilu kedepanannya.

Menurut Andika Pranata Jaya,Ssos bahwa di Sumsel ada beberapa daerah yang membutuhkan perhatian khusus, bukan karena rawan adanya kecurangan namun lebih untuk perlu adanya komunikasi guna mencegah terjadinya pelanggaran pemilu. “Selamat bertugas bagi anggota Panwaslu yang baru dilantik, jalani amanah sesuai dengan UU yang berlaku, jangan ada kekeliruan dan harus saling bersinergi Karena itu, dari bimbingan yang akan kita berikan ini para anggota Bawaslu dapat memberikan kepastian hukum akan benar atau salah, baik atau tidak baik, dari pelakasanaan Pemilu tersebut” Tutup Andika.

Sementara, salah satu anggota Panwaslu terpilih Kota Palembang, M. Sarkani dari Kabupaten Musi Banyuasin (MUBA) memberikan statement rasa syukur, Alhamdulillah dengan telah dilantiknya anngota Panwaslu yang baru dari setiap kabupaten/kota se-Sumsel. Semoga dijadikan semangat serta panduan dan acuan untuk menjalankan tugas sebaik dan semurni mungkin.

Ditambahkannya, jika dirinya serta rekan yang lain akan bersinergi dalam menjalankan tugas sesuai undang-undang guna mensukseskan Pilkada serentak tahun 2018 mendatang, serta pemilihan calon legislatif pada tahun 2019. Dirinya kembali berharap agar anggota Panwaslu diseluruh kabupaten/kota agar dapat menyusun program sesuai peraturan perundang-undangan serta mampu saling bersinergi demi mensukseskan Pilkada serentak dengan aman, jujur, dan tertib. (sb)

 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook