274 Orang Sumpah Profesi, HAKLI Fokus Penanganan Covid-19


Amperanews
13 Sep 2020, 09:08:42 WIB
274 Orang Sumpah Profesi, HAKLI Fokus Penanganan Covid-19

Palembang-- Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia (Hakli) Provinsi Sumatera Selatan melakukan sumpah profesi ke 274 orang dari seluruh Kabupaten/Kota di Sumsel, Sabtu (12/9/2020).

Ketua Hakli Sumsel H. Sudarto ST, M.Si menjelaskan Hakli memiliki peranan penting terhadap kondisi lingkungan apalagi ditengah serbuan Covid-19. Menurutnya peran yang terbilang sentral ini menjadikan Hakli tak bisa dilepaskan dari dunia kesehatan. 

"Hakli sendiri memberikan penyuluhan pada masyarakat soal kesehatan dilingkungan," katanya. 

Untuk program kedepan, saat ini Hakli fokus soal penanganan Covid19. Perannya Hakli melakukan kegiatan disinfektasi diarea yang berisiko. Selain itu juga memberikan contoh cara membersihkan diri agar terhindar dari sebaran virus.

"Itu yang kami lakukan," ujarnya.

Lebih jauh Sudarto menjelaskan, limbah-limbah bekas penanganan Covid19 di rumah sakit atau di puskesmas seperti alat pelindung diri (APD) bekas pakai menjadi hal penting untuk terus dipantau. 

"Ini harus mampu menangani limbah medis dari pasien Covid-19, itu nggak boleh dibuang sembarangan," katanya.

Bukan hanya itu, pihaknya juga bakal fokus menangkal penyebab demam berdarah. Menurut Sudarto, Hakli secara efektif melakukan fogging untuk menekan bintik-bintik nyamuk. 

"Kegiatan menghilangkan bintik nyamuk, dan mengenali sebab munculnya bintik-bintik nyamuk tersebut," ujar dia.

Senada dengan hal itu, Koordinator Bidang Pendidikan dan Pelatihan Hakli Dr. Hj. Sri Utari, S. Pd, SKM, M.Kes menambahkan kedepannya setiap tenaga kesehatan lingkungan  harus mampu mengimplementasikan faktor resiko yang berhubungan dengan kesehatan dan lingkungan. Sehingga  apabila risiko bisa dikendalikan sumber  penyakit yang berasal dari lingkungan dapat dihindarkan. 

"Untuk kegiatan Sumpah profesi itu merupakan bagian dari program wajib organisasi, karena hal itu merupakan prosesi wajib bagi setiap anggota Hakli,"  tandasnya.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook