6 Destinasi Wisata Populer di Palembang yang Wajib Dikunjungi


Amperanewscom
11 Jan 2019, 13:40:40 WIB
 6 Destinasi Wisata Populer di Palembang yang Wajib Dikunjungi

Palembang, AmperaNews.com-- Jika mendengar kata Palembang, Anda tentu akan langsung terpikir dengan kata Jembatan Ampera dan pempek. Ya, Palembang memang khas dengan Ampera dan wisata kuliner pempeknya. Namun, ada beberapa jenis wisata lain di Palembang yang kini sedang gencar-gencarnya dikembangkan pemerintah, lho. Tempat-tempat ini tak kalah khas dan tak kalah menarik untuk dikunjungi wisatawan.

Berikut ini ialah lima tempat wisata di palembang yang wajib dikunjungi versi Amperanews.

1) Pulau Kemaro
Pulau Kemaro menyediakan view eksotis dengan tampilan kelenteng merah dan tepian sungai musi yang sejuk.

Saat masuk ke dalam, pengunjung langsung bisa membaca sejarah terbentuknya pulau tersebut yang ditulis di sejumlah prasasti batu sepanjang jalan setapak.

Selain wisata sejarah, pengunjung juga bisa menikmati aneka kuliner di sepanjang rimbun pohon-pohon sambil bercengkrama dengan keluarga atau teman. 

2) Kampung Arab Al Munawwar
Sebagai informasi, Kampung Arab Al Munawwar ini pernah mendapatkan juara 1 wisata halal anugrah Pesona Indonesia (API) di Palembang tahun 2018. 

Kampung Arab awalnya memang pemukiman penduduk keturunan Arab yang tinggal di tepian Sungai Musi.Rumah-rumah tua tersebut merupakan peninggalan para leluhur saudagar asal Yaman, Habib Abdurrahman Al-Munawwar yang datang ke Palembang melalui Sungai Musi sebagai pintu masuknya.

Karena konsepnya yang unik dan orisinil,  
Pada tahun 2016 Kampung Arab disahkan oleh Pemerintah Kota Palembang sebagai salah satu destinasi wisata.

Di dalamnya, kita bisa bertemu dengan aneka keunikan budaya masyarakat yang kental dengan nuansa Arab. Selain itu, rumah-rumah bergaya Timur Tengah, bangunan masjid, dan sejumlah bangunan tua menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang masuk.


3) Tugu Belido 
Tugu Belido terletak di tepian Sungai Musi dekat museum SMB 2. Pengunjung bisa melihat hamparan Sungai Musi dari balik pagar pembatas sembari menikmati angin yang bertiup semilir.

Saat menjelang sore, di wilayah sekitar tugu juga terdapat aneka kuliner khas palembang seperti pempek, kemplang, mie tek-tek dan beberapa minuman ringan lain yang bisa dinikmati pengunjung.

Pengunjung juga bisa menikmati indahnya lampu-lampu di sepanjang Jembatan Ampera dari tepian Dermaga Point jika datang saat malam hari.

4) Al Quran Al Akbar

Al Qur'an Akbar terletak di jalan palembang. Wisata religi yang idenya dicetus oleh Ustad Syofwatillah ini, saat pertama kali dibuka hingga saat ini ternyata mendapat sambutan yang begitu antusias dari masyarakat.

Hal ini dibuktikan dengan ramainya jumlah pengunjung yang bertandang setiap harinya untuk melihat 30 Juz Al Quran raksasa 
yang diukir di permukaan kayu tembesu setinggi 15 m dan lebar 8 m.

Selain terdapat Al-Qur'an raksasa, di dalamnya ada pula beberapa spot foto bagi pengunjung yang ingin mengabadikan kenangannya di dalam tempat bernuansa unik tersebut. Tempat ini juga telah mendapat penghargaan sebagai juara 1 wisata religi pada tahun 2018 lalu, lho.

5) Jakabaring Sport City

Jakabaring sport city merupakan stadion utama dan pusat olahraga terbesar di Palembang. 

Saat Palembang menjadi tuan rumah Asian Games beberapa waktu lalu, di tempat inilah seluruh atlet bertanding dan mengerahkan kemampuannya.

Selain sebagai wahana olahraga, JSC juga menawarkan view yang sangat indah di tepian danau untuk digunakan sebagai tempat rekreasi masyarakat Kota Palembang.

6) Punti Kayu
Tempat wisata yang keenam ini berupa hutan hijau dengan beragam jenis satwa yang dilestarikan di dalamnya. Pemandangan monyet-monyet yang berkeliaran bebas bisa kita temukan saat menelusuri jalan setapak sembari menikmati rimbunnya pohon-pohon bernuansa sejuk.

Selain bisa melihat dan bercengkrama dengan satwa secara langsung, Punti Kayu juga menyediakan area foto berupa 7 keajaiban dunia dan tempat-tempat terkenal dari seluruh dunia yang dibuat dalam bentuk mini. Spot foto ini sangat tepat untuk generasi millenial yang hobi fotografi. Konsep areanya sangat instagramable.

Nah, itulah enam tempat wisata terpopuler dan wajib dikunjungi versi Amperanews. Bagi Anda yang memiliki hobi travelling, jangan lupa mampir ya.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Iklan Business

STATISTIK PENGUNJUNG

  • User Online 2

  • Today Visitor 358

  • Hits hari ini 652

  • Total pengunjung 125163

  • IP Anda 3.231.228.109